Makan Ikan 2 Porsi dalam Seminggu Mampu Kurangi Potensi Terkena Kanker Usus

TrubusLife
Thomas Aquinus
25 Juli 2019   10:00 WIB

Komentar
Makan Ikan 2 Porsi dalam Seminggu Mampu Kurangi Potensi Terkena Kanker Usus

Ilustrasi ikan (Trubus.id)

Trubus.id -- Data prevalensi kanker usus di Indonesia menunjukkan 30% pasien yang terkena kanker ini berada di usia produktif. Salah satu pemicu diketahui akibat dari kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat yang sulit dicerna.

Berdasarkan fakta tersebut, sudah selayaknya setiap orang harus secara rutin mengonsumsi makanan sehat. Hal tersebut didukung dengan baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkapkan memakan ikan minimal 2 porsi atau lebih ikan per minggu dapat mengurangi risiko kanker usus.

Penelitian dari University of Oxford dan International Agency for Research on Cancer (IARC) menganalisis kebiasaan diet 476.160 orang yang mengisi kuesioner tentang frekuensi mengonsumsi makanan tertentu.

Baca Lainnya : Merek Protein Nabati Ini Bakal Produksi Seafood Tanpa Bahan Baku Ikan

Isi kuesioner mencakup detail tentang asupan ikan, termasuk ikan putih, berlemak, berminyak, dan tidak berlemak. Hasil penelitian diketahui makan 359,1 gram ikan apa pun per minggu dapat menurunkan risiko kanker usus hingga 12 persen dibandingkan hanya makan kurang dari 63,49 gram ikan.

Selain itu, orang-orang yang hanya makan ikan berminyak seperti salmon dan sarden sebanyak 123,9 gram per minggu risiko terkena kanker usus turun menjadi 10 persen.

"Konsumsi ikan tampaknya mengurangi risiko kanker usus dan harus didorong sebagai bagian dari diet sehat. Ikan berlemak dan berminyak adalah sumber asam lemak tak jenuh ganda yang diyakini memiliki efek perlindungan dalam tubuh dan mencegah peradangan. Ikan tidak berlemak juga mengandung senyawa asam lemak khusus ini,” ujar peneliti dilansir Independent, Rabu (24/7).

Baca Lainnya : 5 Racikan Air Infus Herbal yang Menyehatkan di Musim Kemarau

Meski memiliki kandungan gizi dan protein relatif sama, daging ikan dianggap lebih baik karena mengandung Omega 3 dan Omega 6. Omega 3 dan Omega 6 termasuk asam lemak tak jenuh jamak esensial yang berguna untuk memperkuat daya tahan otot jantung, meningkatkan kecerdasan otak jika diberikan sejak dini, melenturkan pembuluh darah, serta dapat menurunkan kadar trigliserida, mencegah penggumpalan darah, dan mencegah munculnya berbagai jenis kanker.

Omega 3 dan Omega 6 berasal dari berbagai jenis ikan, terutama yang berasal dari laut, seperti sarden, tuna, cakalang, kembung, makarel, herring, salem, dan bonito. Guna meningkatkan kadar Omega 3, Anda sebaiknya mengonsumsi ikan laut seminggu dua kali.

Selain itu, mengonsumsi ikan dengan cara dikukus dan tim akan lebih baik sebab Omega 3 mudah menguap bila terkena panas. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Jangan Tunda Lagi, Ikuti 3 Tips Ini untuk Bibir Cerah Sehat Alami 

Health & Beauty   22 Nov 2019 - 14:22 WIB
Bagikan: