Telur ke-1000 Menetas, Harapan Baru Bagi Burung Kondor California yang Terancam Punah

TrubusLife
Thomas Aquinus
25 Juli 2019   06:00 WIB

Komentar
Telur ke-1000 Menetas, Harapan Baru Bagi Burung Kondor California yang Terancam Punah

Ilustrasi (Smithsonian Magazine)

Trubus.id -- Burung pemakan bangkai terbesar di Amerika Utara kembali lagi setelah sebelumnya mencapai populasi yang mengkhawatirkan, yakni hanya sekitar 20 ekor. Burung kondor California (Gymnogyps californianus) sangat terancam punah selama akhir abad ke-20 tetapi memegang kepentingan spiritual bagi suku asli dan pecinta alam. Pekan lalu, para konservasionis mengumumkan bahwa anak burung ke-1.000 menetas dan berhasil selamat, memberi harapan baru bahwa populasi burung ini akan terus tumbuh.

Populasi burung kondor California anjlok pada abad ke-20 karena perburuan, hilangnya habitat dan keracunan timbal akibat memakan bangkai hewan yang telah ditembak dengan peluru timah. Ketika populasinya mendekati hanya 20 burung, pelestari lingkungan mulai membiakkan mereka di penangkaran.

Baca Lainnya : Burung Parkit Langka Selandia Baru Ini Alami Musim Pembiakan yang Gemilang

Menurut Tim Hauch, manajer program condor Dana Peregrine, saat ini ada lebih dari 300 kondor California liar. Ada total lebih dari 500 termasuk mereka yang berada di penangkaran.

Menurut laman NPR, burung betina terbaru lahir di Taman Nasional Zion, yang terletak di barat daya Utah. Kondor hanya bertelur satu demi satu, dan betina tidak bersarang setiap tahun. Konservasionis sangat berharap setiap kali seekor burung dilahirkan.

"Kami melihat lebih banyak anak  burung lahir di alam liar daripada yang pernah kami miliki sebelumnya," kata Hauck kepada NPR. "Dan itu langkah menuju kesuksesan kondor untuk mencapai populasi yang berkelanjutan."

Baca Lainnya : Laporan Manusia Diserang Burung Liar Meningkat di AS, Ternyata Ini Penyebabnya

Meskipun betina tersebut lahir pada bulan Mei, ia belum dianggap selamat sampai Juli, mengingat kematian khas kondor muda dalam dua bulan pertama. Anak burung akan dapat meninggalkan sarang dan mulai terbang sekitar bulan November.

Burung kondor California adalah burung unik yang dapat hidup hingga 60 tahun dalam kondisi yang tepat. Itu membuat kondor tidak hanya burung terbesar di Amerika Utara, dengan lebar sayap 10 kaki, tetapi juga salah satu burung dengan masa hidup terpanjang di dunia. Mereka yang mempelajari burung kondor California juga percaya bahwa burung-burung tersebut mampu memiliki kepribadian yang berbeda, yang memisahkan mereka dari banyak spesies unggas lainnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: