Cegah Keracunan, Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Perawatan Ikan Cupang

TrubusLife
Syahroni
23 Juli 2019   22:01 WIB

Komentar
Cegah Keracunan, Begini Cara Olah Daun Ketapang untuk Perawatan Ikan Cupang

Proses pengolahan daun ketapang sebelum digunakan untuk ikan cupang. (Istimewa)

Trubus.id -- Untuk para pecinta ikan hias, khususnya jenis ikan cupang, daun ketapang sudah pasti tak asing di telinga. Yah, daun ketapang memang sudah sangat terkenal akan ragam manfaatnya untuk kesehatan ikan cupang. Tak hanya dipercaya dapat menyembuhkan, daun ketapang juga dipercaya bisa menguatkan warna pada cupang hias hobiis. 

Namun demikian, ada beberapa proses yang harus dilakukan sebelum daun ketapang itu digunakan di air tempat hidup ikan cupang. Pandu, salah satu peternak ikan cupang di Ciledug, Tangerang menyebutkan, daun ketapang kering yang langsung dimasukan ke dalam air langsung tanpa diproses terlebih dahulu bisa membahayakan. Selain air jadi berminyak, kesehatan ikan juga bisa terganggu. 

Untuk itu ia menuturkan cara memproses daun ketapang sebelum digunakan. Berikut ini cara Pandu memproses daun ketapang sebelum digunakan di kolam-kolam ikan miliknya.

  1. Ambil 5 – 10 lembar daun ketapang yang gugur dan berwarna kecoklatan. Bersihkan dari kotoran yang menempel pada daun.
  2. Kemudian rendam pada air garam selama 10 menit – 20 menit.
  3. Daun kemudian di ikat dengan karet dan diletakkan pada ember, kemudian basahkan kain bekas, peras dan tutup ember tersebut agar ember menjadi lembab. Biarkan daun tersebut pada ember selama 1 hari ( 24jam).
  4. Setelah 24 jam, keluarkan daun dan bilas lagi dengan air bersih.
  5. Kemudian daun-daun dijajarkan untuk dikeringkan dengan cara dijemur. Penjemuran bisa dilakukan 1 – 2 hari untuk memastikan daun benar-benar kering.
  6. Setelah daun kering, masukkan beberapa helai daun pada satu ember besar yang diisi air 5 – 6 liter air. Biarkan 1 – 2 hari sampai air menjadi menguning tanda zat tannin daun ketapang telah keluar.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: