Jangan Salah, Ini Daftar Makanan yang Baik dan Buruk untuk Anjing Kesayanganmu

TrubusLife
Ayu E Setyowati | Followers 0
22 Juli 2019   21:30

Komentar
Jangan Salah, Ini Daftar Makanan yang Baik dan Buruk untuk Anjing Kesayanganmu

Ilustrasi (Dog Carion)

Trubus.id -- Kita tahu bahwa yang terbaik adalah menghindari memberi makan anjing dengan sisa-sisa makanan yang ada di meja, tapi kadang-kadang mata anak anjing yang cute itu membuat kita tak bisa menahan diri untuk tidak memberinya makanan dari piring kita. Tapi, hanya karena makanan itu baik untuk kita, tidak selalu berarti aman juga untuk anjing.

Berikut adalah daftar makanan manusia yang dog-approved, serta beberapa item yang tidak boleh Trubus Mania bagikan untuk anjing kesayangan. Namun perlu diingat bahwa setiap anjing berbeda, jadi cobalah makanan dalam daftar di bawah ini dalam jumlah kecil dulu, dan jika anjing bereaksi terhadap salah satu dari mereka, berkonsultasilah dengan dokter hewan, ya. 

Dikutip dari Mother Nature Network, berikut beberapa jenis makanan yang baik dan tidak baik untuk si sahabat manusia. 

Makanan yang baik untuk anjing 

  • Selai kacang: Sesekali, memberi anjing sesendok makan selai kacang tawar merupakan hadiah yang bisa kamu nikmati berdua. (Pastikan merek selai kacang tidak mengandung xylitol.) Ini adalah sumber protein dan lemak sehat untuk anjing.

  • Yoghurt: Tinggi protein dan kalsium, yoghurt tawar adalah makanan yang ideal untuk anjing, terutama jika hewan kesayanganmu menderita masalah pencernaan. Pastikan memilih yoghurt yang tidak mengandung gula tambahan atau pemanis buatan.

  • Oatmeal: Oatmeal adalah sumber serat yang baik, menjadikannya bagus untuk anjing dengan masalah ketidakteraturan usus, dan juga aman untuk anjing dengan alergi gandum. Sebelum menyajikannya untuk hewan peliharaan, masak oatmeal dan jangan tambahkan gula.

  • Ayam: Jika anjing membutuhkan protein ekstra dalam makanannya, ayam yang dimasak tanpa bumbu merupakan tambahan yang mudah untuk makanan regulernya. Itu juga merupakan pengganti makanan yang baik jika kamu kehabisan makanan anjing.

  • Salmon: Anjing juga bisa mendapat manfaat dari asam lemak omega 3, jadi masukkan salmon yang sudah dimasak ke dalam mangkuk makanan untuk mendapatkan bulu yang lebih sehat dan lebih bersinar.

  • Brokoli: Sayuran kaya vitamin ini bisa menjadi pendorong nutrisi yang bagus untuk anjing. Namun, ini tidak boleh menyajikannya lebih dari 10 persen dari makanan anjing karena dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan.

  • Labu: Anda dapat menyajikan labu anjing Anda - mentah atau dalam kaleng - sebagai sumber serat atau vitamin A. Ini juga merupakan tambahan yang bermanfaat untuk diet doggie jika anjing mengalami masalah pencernaan.

  • Kacang hijau: Bergizi dan rendah kalori, kacang hijau adalah pilihan yang baik yang akan menutrisi anjing dengan zat besi dan vitamin. Pastikan untuk memberi makan anjing hanya kacang segar atau kaleng tanpa garam. Sebagai pertimbangan, sebagian besar jenis kacang mengandung jenis protein yang disebut lechitins yang, tergantung pada jumlahnya, dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare jika tidak dihancurkan dengan cara memasaknya terlebih dahulu. Kacang hijau hanya mengandung 5 hingga 10 persen dari lechtin dalam kacang merah, yang paling banyak menimbulkan masalah, dan kacang hijau biasanya aman jika dimakan mentah. Jika masih khawatir, kamu mungkin ingin memasak kacang hijau sebelum menyajikannya kepada anjing (atau keluarga).

  • Keju cottage: Makanan hambar ini kaya akan kalsium dan protein, sehingga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk makanan anjing. Namun, hindari jika anjing memiliki masalah dalam mencerna susu.

  • Keju lainnya: Dalam jumlah kecil, keju adalah hadiah yang bagus untuk hewan peliharaan, kata American Kennel Club, selama anjing tidak toleran laktosa (yang jarang terjadi pada anjing, tetapi mungkin). Pilih opsi yang lebih rendah lemak seperti mozzarella.

  • Wortel: Sayuran ini rendah kalori dan tinggi serat dan vitamin. Selain itu, mengunyah wortel bisa baik untuk gigi anjing.

  • Telur: Jika anjing membutuhkan tambahan protein, aduk telur sesekali untuk camilan sehat. Telur mengandung protein tinggi, tetapi juga tinggi lemak, jadi jangan berikan terlalu banyak pada hewan peliharaan. Jangan memberi makan telur mentah atau kurang matang ke anjingmu. American Veterinary Medical Association memperingatkan bahwa ada risiko kontaminasi dari bakteri seperti salmonella, dan itu bisa membuat anjing sakit.

Makanan yang tidak cocok untuk anjing

  • Cokelat: Trubus Mania mungkin pernah mendengar bahwa kita tidak boleh memberi makan cokelat pada anjing, dan ada alasan untuk itu. Camilan lezat itu mengandung stimulan seperti kafein yang dikenal sebagai methylxanthine. Jika tertelan dalam jumlah besar, cokelat dapat menyebabkan muntah, diare, detak jantung tidak teratur, kejang dan bahkan kematian pada anjing. 

  • Anggur dan kismis: Walaupun berkhasiat, namun buah ini beracun bagi anjing dan dapat menyebabkan gagal ginjal. 

  • Bawang: Mereka mungkin membuat kita menangis, tetapi mereka bisa membuat anjing sangat sakit dengan menyebabkan kerusakan pada sel darah merahnya.

  • Alpukat: Daun, buah, biji dan kulit kayu dari alpukat semuanya mengandung racun yang disebut persin yang dapat menyebabkan sakit perut dan kesulitan bernafas pada anjing. 

  • Alkohol: Bahkan meminum sedikit alkohol dapat menyebabkan keracunan yang signifikan bagi anjing, yang dapat menyebabkan muntah, kejang, dan bahkan kematian.

Well, dihapalkan ya, dog lovers. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: