Seruan Anti Plastik Mendunia, Saatnya Perempuan Beralih ke Reusable Menstrual Cup 

TrubusLife
Ayu E Setyowati | Followers 0
20 Juli 2019   10:00

Komentar
Seruan Anti Plastik Mendunia, Saatnya Perempuan Beralih ke Reusable Menstrual Cup 

MEnstrual Cup (INhabitat)

Trubus.id -- Menstrual cup alias cangkir menstruasi yang dapat digunakan kembali sebetulnya telah ada sejak beberapa dekade lalu, namun mereka baru mulai populer beberapa tahun belakangan. Ya, salah satunya berkat kampanye peduli lingkungan dan seruan anti-plastik yang mendunia.

Meski kebanyakan orang tak dapat menghilangkan kenyamanan yang biasa mereka dapat dengan tampon dan pembalut sekali pakai, tetapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa cawan ini sama efektifnya dengan pembalut sekali pakai dan tidak memiliki risiko kesehatan. Jika Trubus Mania bisa melewati kurva belajar dan faktor "sakit", menstrual cup adalah salah satu pilihan termudah dan paling berkelanjutan untuk masa menstruasi kamu.

Reusable mens cup ini biasanya terbuat dari silikon atau karet dan dimasukkan ke dalam vagina. Cawan tersebut dimasukkan cara melipatnya menjadi lekukan berbentuk huruf C dengan bagian yang terlipat menghadap ke arah bagian dalam dinding vagina. Kemudian jika ingin mengeluarkannya, cukup dengan menarik bagian ujung luarnya untuk mengosongkan isinya, mencuci dan memasukkannya kembali.

Mens cup bisa bertahan hingga 12 jam. Biaya awal untuk membelinya mungkin tampak mahal,  mulai Rp300 ribu - Rp500 ribu, tetapi mereka bisa bertahan hingga 10 tahun.

Penelitian di The Lancet Public Health menggunakan data dari lebih dari 3.000 orang di seluruh dunia dan membuktikan bahwa cawan itu aman dan efektif. Selain tidak ada risiko kesehatan yang terkait, termasuk infeksi atau keputihan, cangkirnya juga ringan, padat dan mudah dibawa bepergian.

Setelah kamu berhasil membelinya, kamu akan sadar bahwa mens cup ini adalah salah satu pilihan yang paling terjangkau dan dapat bermanfaat. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa 73 persen pengguna pertama kali menyatakan keinginan untuk terus menggunakannya. 

Bayangkan biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli pembalut dan tampon sekali pakai tiap kali jadwal menstruasimu datang. Belum lagi bahan seperti plastik, kapas dan rayon yang sulit terurai yang terdapat pada pembalut dan tampon. Selain itu, menurut penelitian, pembalut biasa bahkan mengandung zat-zat berbahaya  seperti styren, chloromethane, dioxin, chloroethane, dan chlorin yang berbahaya bagi tubuh jika digunakan bertahun-tahun. 

Bagaimana dengan Trubus Mania? Bagi yang belum menggunakan sepertinya harus berpikir ulang tentang dampaknya. Tak hanya bagi lingkungan, namun bagi tubuh sendiri. 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 20 Juli 2019 - 09:57

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Setop Hitung Kalori Saat Berdiet

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: