9 Fakta Menarik yang Kamu Belum Tahu Tentang Kambing 

TrubusLife
Syahroni
20 Juli 2019   07:00 WIB

Komentar
9 Fakta Menarik yang Kamu Belum Tahu Tentang Kambing 

Kambing (Growler Magazine)

Trubus.id -- Mungkin bukan di Indonesia, tapi bayi kambing sering dianggap sama lucunya dengan anak anjing. Yang ketika kamu melihatnya, kamu ingin segera memeluk dan membawanya pulang.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa kambing lebih seperti anjing daripada yang kita duga. Well, apa lagi yang kita ketahui tentang makhluk bermata kelinci ini? Kalau kamu merasa sudah banyak tahu, simak beberapa fakta tentang kambing berikut yang mungkin belum kamu tahu.

1. Kambing adalah salah satu spesies ternak pertama yang didomestikasi, sekitar 10.000 tahun yang lalu. Sisa-sisa kambing telah ditemukan di situs arkeologi di Asia barat sekitar 9.000 tahun yang lalu, menurut National Zoo. 

Kambing gunung (Foto: Photorator) 

2. Baik kambing jantan dan betina dapat memiliki janggut. Keduanya juga dapat memiliki pial seperti pada ayam, biasanya di sekitar area tenggorokan. Pial ini tidak memiliki tujuan dan tidak berbahaya bagi kambing.

3. Ada dua jenis kambing, yakni kambing domestik (Capra hircus), yang merupakan jenis yang sering kita temukan di sebuah peternakan, dan kambing gunung (Oreamnos americanus), yang biasanya tinggal di daerah curam, berbatu di barat laut Amerika Serikat.

4. Kambing pada umumnya adalah hewan yang sangat tangguh, tetapi satu hal yang tampaknya tidak mereka sukai, hujan. Menurut Perpustakaan Pertanian Nasional USDA, "Kambing akan lari ke tempat teduh terdekat saat mendekati badai, sering kali tiba sebelum tetes hujan pertama turun. Mereka juga sangat tidak menyukai genangan air dan lumpur. Mungkin melalui evolusi mereka lebih bebas dari parasit jika mereka menghindari bintik-bintik basah." Yes, they hate shower. 

5. Kambing dapat bertahan hidup di rerumputan yang paling tipis, menurut Animal Diversity Web, satu-satunya tempat kambing tidak bisa hidup adalah tundra, gurun dan habitat perairan. 

6. Bulu kambing biasanya terdiri dari beberapa warna dan bahkan beberapa pola. Mereka bisa berwarna putih, hitam, coklat dan merah. Pola bulu mereka bisa padat, bergaris, bintik-bintik, belang-belang dan mereka bisa memiliki garis-garis di wajah mereka.

7. Kambing dilahirkan dengan gigi, dimana gigi bayi tersebut akhirnya rontok dan kambing dewasa berakhir dengan 32 gigi: 24 gigi geraham dan 8 gigi seri bawah. Kambing tidak memiliki gigi di rahang depan atas mereka. Sebaliknya, bantalan gigi yang keras bertindak seperti gigi. Baru ngeh, kan? 

Gigi kambing (Foto: Whats What) 

8. Ukuran kambing sangat bervariasi, tergantung pada jenisnya. Untuk ukuran terkecil, ada kambing kurcaci Nigeria beratnya hanya sekitar 9 kilogram. Pada ukuran yang lebih besar, kambing Anglo-Nubian dapat memiliki berat hingga 114 kilogram, lapor National Zoo.

9. Seperti sapi, kambing dikenal sebagai ruminansia, artinya mereka memiliki sistem lambung yang rumit untuk pencernaan. Kambing merumput menggunakan bibir, gigi, dan lidah mereka. Kemudian dibutuhkan 11 hingga 15 jam untuk makanan melewati empat perut hewan itu.-

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: