Khasiat Daun Pepaya untuk Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

TrubusLife
Syahroni
19 Juli 2019   22:00 WIB

Komentar
Khasiat Daun Pepaya untuk Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

Daun pepaya dipercaya bisa membantu menyembuhkan demam dengue. (Times of India)

Trubus.id -- Sebuah penelitian yang dilakukan belum lama ini mengungkapkan manfaat daun pepaya yang bisa sangat efektif dalam mengobati demam berdarah. Penelitian sendiri diawali ketika jumlah kematian akibat penyakit ini meningkat pesat di Bengaluru, India.

Dari Januari hingga Juni 2019, jumlah kematian akibat demam berdarah di wilayah ini sudah mencapai 531, menurut Direktorat Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga Karnataka. Yang mengejutkan, angka ini telah melonjak hingga 1830 sekarang. Pejabat kesehatan negara menyalahkan pemerintah atas lonjakan tersebut. Menurut mereka, upaya yang cukup tidak diambil untuk membersihkan sampah di sekitar kota maupun sampah rumah tangga.

Sekitar 390 juta orang menderita infeksi dengue setiap tahun, kata WHO. Juga dinyatakan bahwa sekitar 500.000 orang dengan demam berdarah yang parah memerlukan rawat inap setiap tahun. Di India, wabah demam berdarah pertama kali dilaporkan di Kolkata pada tahun 1963. Sejak itu, jumlahnya telah meningkat secara drastis.

Baca Lainnya : Deteksi Keringat Manusia, Cara Aedes Aegypti Menyebarkan Demam Berdarah dan Zika

Demam dengue adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang biasanya terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. India memiliki enam zona iklim dan lima negara endemik dengue termasuk Punjab, Haryana, Rajasthan, Gujarat dan Kerala, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Emerging Microbes and Infections.

Ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti betina, virus dengue menyebabkan gejala seperti flu. Jika tidak diobati tepat waktu, demam ini bisa mengancam jiwa. Demam berdarah ditandai dengan gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, ruam, muntah, nyeri otot dan persendian, mual, kelenjar bengkak, dan lain-lain.

Demam berdarah menyebabkan penurunan drastis trombosit darah. Pada kasus yang parah, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, jantung, dan atau hati. Juga, tekanan darah dapat turun secara drastis hingga berbahaya yang menyebabkan kejutan dan kematian dalam kasus-kasus ekstrem. Demam berdarah dapat didiagnosis dengan mudah melalui tes darah.

BAGAIMANA DAUN PEPAYA BANTU OBATI DEMAM BERDARAH?

Pengobatan demam berdarah bertujuan untuk menyembuhkan gejala, bukan penyebabnya. Obat rumahan terbukti efektif dalam kondisi ini. Menurut para ahli, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan makanan penambah kekebalan tubuh sangat efektif dalam meredakan gejala demam berdarah.

Berbagai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Medical and Health Science Research menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya adalah pilihan yang baik untuk orang yang menderita demam berdarah.

Dalam salah satu studi yang berbasis di Sri Lanka, para ilmuwan mendaftarkan 12 pasien yang menderita demam berdarah dan memberi mereka 2 dosis ekstrak daun pepaya dengan interval 8 jam. Dalam 24 jam perawatan, para peneliti menemukan peningkatan jumlah trombosit dan jumlah sel darah putih yang signifikan pada pasien tersebut.

Baca Lainnya : Antibodi Ibu Ganggu Respon Bayi Terhadap Vaksinasi Demam Berdarah

Menurut para ahli di lapangan, daun pepaya memiliki sifat menstabilkan membran dan melindungi sel-sel darah Anda dari kerusakan akibat stres. Efek menguntungkan ini adalah karena adanya flavonoid dan senyawa fenolik lainnya dalam daun pepaya. Juga, daun-daun ini penuh sesak dengan berbagai mineral yang berpotensi menyeimbangkan kekurangan mineral dalam tubuh yang disebabkan oleh virus dengue.

Selain itu daun pepaya juga dapat meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh dan membantu mereka melawan virus dengue. Tak cukup sampai disitu, daun pepaya juga dapat merangsang produksi trombosit pada pasien demam berdarah.

BAGAIMANA MENGEKSTRAK DAUN PAPAYA?

Untuk menggunakan daun pepaya dengan benar, pertama-tama cuci daun pepaya sampai bersih. Kemudian, potong daun menjadi potongan-potongan kecil tidak termasuk batang utama. Sekarang, masukkan ke dalam penggiling mixer dan tambahkan air matang setelah didinginkan.

Jangan lupa, tambahkan sedikit gula dan aduk hingga tercampur rata. Sekarang, campur bahan itu semua dan biarkan selama 30 menit. Peras bubur ini untuk mendapatkan jus daun pepaya dan simpan di kulkas selama 24 jam. Keesokan harinya, ramuan ini siap digunakan. Dosisnya, penderita demam dengue hanya perlu mengonsumsi 1 hingga 2 sendok makan jus ini setiap hari baik di pagi maupun malam hari. [RN]

  20


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: