Pakan Berlimpah, Tahun Ini 150 Bayi Burung Parkit Langka Lahir di Selandia Baru

TrubusLife
Syahroni
18 Juli 2019   18:30 WIB

Komentar
Pakan Berlimpah, Tahun Ini 150 Bayi Burung Parkit Langka Lahir di Selandia Baru

Pakar margasatwa memuji ledakan bayi parkit orange Fronted yang terjadi karena berlimpahnya pakan utama. (Departemen of Conservation)

Trubus.id -- Salah satu burung paling langka di Selandia Baru saat ini tengah mengalami musim pengembangbiakan terbaik dalam beberapa dekade terakhir. Kondisi ini pun memberi harapan baru bagi keberlangsungan spesies ini.

Setidaknya 150 bayi parkit orange-fronted, yang dikenal secara lokal dengan nama kakariki karaka, lahir di alam liar musim ini. Kondisi ini membuat jumlah parkit langka di alam liar bertambah. Sebelumnya, Departemen Konservasi Selandia Baru, DOC memperkirakan, hanya 100 hingga 300 ekor burung langka ini di alam liarnya.

"Pemuliaan epik tahun ini memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi populasi kakariki karaka," kata Menteri Konservatif, Eugenie Sage, dilansir dari BBS, Kamis (18/7).

DOC juga menemukan 31 sarang parkit orange fronted di daerah berhutan Canterbury di Pulau Selatan tahun ini - lebih dari tiga kali jumlah sarang dalam beberapa tahun terakhir. Ini menempatkan keberhasilan program penanaman biji beech, yang menjadi makanan favorit burung tersebut tahun ini.

Departemen itu mengatakan akan fokus pada perlindungan parkit orange fronted dari tikus, cerpelai dan kucing liar - yang populasinya juga diharapkan mendapat manfaat dari berlimpahnya benih beech.

Burung seukuran budgie ini pernah ditemukan di seluruh Selandia Baru tetapi populasinya telah menurun secara dramatis selama abad terakhir. Mereka dianggap telah punah sebelum mereka ditemukan kembali di wilayah Canterbury pada tahun 1993. Penghancuran habitat dan predator adalah alasan utama di balik penurunannya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: