Stres? Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Tingkatkan Mood Kamu

TrubusLife
Thomas Aquinus
17 Juli 2019   10:30 WIB

Komentar
Stres? Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Tingkatkan Mood Kamu

Quinoa oatmeal (Dr. OZ)

Trubus.id -- Lebih dari sepertiga dari kita memilih makanan yang menenangkan selama masa-masa penuh tekanan; makanan bertepung dan dessert manis adalah makanan favorit ketika keadaan menjadi sulit, menurut survei nasional baru-baru ini. Namun ternyata, makanan yang memberikan kenyamanan cepat justru dapat menyebabkan lebih banyak stres dalam jangka panjang, loh. Plot twist! 

David Ludwig, seorang profesor pediatri dan nutrisi di Universitas Harvard dan seorang peneliti di Boston Children's Hospital, mengatakan kepada NPR, "Ketika kita merasa stres, kita mencari makanan yang akan menghibur kita segera, tetapi sering kali makanan tersebut menyebabkan lonjakan dan tabrakan dalam hormon dan gula darah yang meningkatkan kerentanan kita terhadap stres baru. " Ups.

Banyak dari kita memiliki stres dalam hidup dan kekurangan kesempatan untuk katarsis, sehingga banyak dari stres itu berada di luar kendali kita. Tetapi kita dapat melakukan hal-hal untuk membuat tubuh prima dalam menghadapinya. "Kimia tubuh kita bisa sangat memengaruhi bagaimana stres itu menimpa kita," kata Ludwig. Dan memang, ada komponen makanan yang tampaknya memiliki hubungan kuat dengan suasana hati pada tingkat kimia.

Baca Lainnya : WHO Desak Pelarangan Gula Tingkat Tinggi pada Puree Buah di Makanan Bayi

Sebagai contoh, makanan yang tinggi pada indeks glikemik (seperti karbohidrat olahan) membuat gula darah meningkat, dan kemudian hancur, menghasilkan lonjakan hormon stres adrenalin. Dan menurut sebuah studi 2019, diet tinggi lemak dapat mengganggu fungsi normal hipotalamus pada tikus, yang pada gilirannya mempromosikan gejala yang berhubungan dengan depresi.

Meskipun ada banyak pendekatan berbeda untuk mengatasi stres, mempersenjatai tubuh dengan makanan yang meningkatkan mood adalah salah satu cara paling mendasar untuk memulai. Coba tambahkan makanan berikut ke dalam dietmu - dan menjauhlah dari pasta putih dan kue.

1. Biji labu

Biji labu merupakan sumber potasium, fosfor, seng dan terutama magnesium - yang juga terdapat pada sayuran warna hijau gelap. Hanya sekitar sepertiga orang Amerika memenuhi kebutuhan magnesium harian mereka; tidak cukupnya mineral penting ini dapat menyebabkan risiko sakit kepala, kecemasan, kelelahan, insomnia, kegugupan, dan tekanan darah yang lebih tinggi. Magnesium adalah makanan super otak, dan banyak yang dibuang ketika orang mengukir labu dan melemparkan biji-bijiannya!

Baca Lainnya : Terbukti Sehat, Yuk Mulai Konsumsi 6 Makanan Fermentasi Ini

2. Telur

Selain sebagai standar emas untuk protein, telur juga menyediakan kalsium, zat besi, seng, selenium, fosfor, dan vitamin A, D, E, dan K - semuanya dalam satu paket kecil 80 kalori - menjadikannya salah satu makanan paling padat nutrisi. Drew Ramsey, seorang psikiater di Universitas Columbia dan penulis "The Happiness Diet," memuji makanan kaya nutrisi ini karena bisa memerangi stres dan mencatat bahwa telur orak-arik adalah bagian dari sarapan favoritnya untuk mengurangi kecemasan.

3. Wortel dan seledri

Wortel dan seledri (Live Simply) 

Wortel, seledri, dan saudara-saudaranya yang renyah bekerja lebih pada tingkat mekanis. Mengunyah berfungsi sebagai bantuan fisik terhadap stres, dan mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kebiasaan mengeretak gigi. Bonus: Mereka juga membantu melawan bau mulut!

4. Ikan omega-3 (sarden, salmon, tuna kalengan)

Asam lemak omega-3 dapat membantu menenangkan suasana hati dengan memadamkan respons tubuh terhadap peradangan, kata Joe Hibbeln, seorang peneliti di National Institutes of Health yang telah menghabiskan waktu puluhan tahun mempelajari bagaimana asam lemak omega-3 dalam ikan memengaruhi kesehatan emosional. Dia mencatat bahwa penelitian menunjukkan bagaimana omega-3 membantu melindungi neuron dari bahaya yang dapat ditimbulkan oleh stres kronis. Asam lemak omega-3 juga telah dikaitkan dengan membantu depresi serta mendorong perilaku sosial yang lebih positif pada anak-anak. 

Baca Lainnya : 5 Makanan Ini Ampuh Mencegah Kanker Paru-Paru

5. Biji-bijian utuh

Baik sendiri - seperti beras merah, kuinoa atau oatmeal - atau dalam produk gandum seperti roti dan pasta, kami berbicara tentang karbohidrat sehat yang tidak memiliki semua integritas gizi yang diproses dari mereka. Karbohidrat mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak serotonin, bahan kimia yang umumnya dikenal sebagai "hormon kebahagiaan." Dengan mendapatkan serotonin dari karbohidrat kompleks yang tidak mudah dicerna seperti karbohidrat sederhana, kadar gula darah tubuh juga akan lebih stabil.

6. Paprika merah, pepaya dan kiwi

Apa kesamaan ketiga makanan ini? Mereka memiliki lebih banyak vitamin C per porsi daripada jeruk; dan vitamin C adalah kuncinya di sini. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa C dapat  mengekang hormon stres. Seperti yang dilaporkan Psychology Today: “Orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda-tanda stres fisik dan mental yang diharapkan ketika mengalami tantangan psikologis akut. Sebaliknya, mereka bangkit kembali dari situasi penuh tekanan lebih cepat daripada orang-orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darah mereka.” Buah beri, brokoli, kubis Brussel dan sayuran hijau semuanya memiliki tingkat vitamin C yang tinggi juga.

Baca Lainnya : Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Selain Gunakan Kantung Penyimpanan Makanan Silikon

7. Teh

Teh Hitam (Serving Joy) 

Minum teh hitam dapat membantumu pulih dari peristiwa stres lebih cepat, catat WebMD. Satu penelitian mengamati orang yang mengonsumsi empat cangkir teh setiap hari selama enam minggu, dibandingkan dengan orang yang minum sesuatu yang lain. Pada akhir penelitian, para peminum teh melaporkan merasa lebih tenang dan memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah setelah situasi yang penuh tekanan. Sementara itu, teh chamomile telah digunakan sejak lama untuk menenangkan kegelisahan dan menghilangkan stres.

Bonus: Cokelat hitam

Dark chocolate (Medical News Today) 

Flavanol coklat dalam cokelat dapat membantu meningkatkan mood dan mempertahankan pemikiran jernih; dan penelitian demi penelitian menunjukkan kemampuan cokelat hitam untuk meningkatkan perasaan sehat dan mengurangi stres. Belum lagi, itu mungkin membuatmu lebih pintar. Apakah ini hanya kebetulan bahwa semakin tinggi konsumsi cokelat suatu negara, semakin banyak pemenang Hadiah Nobel yang diciptakannya? More chocolate, please! [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Health & Beauty   19 Jan 2020 - 17:35 WIB
Bagikan: