Mata Tertancap Kail Pancing, Pari Manta Ray Bernama Freckles Ini Minta Tolong ke Penyelam

TrubusLife
Syahroni
15 Juli 2019   22:00 WIB

Komentar
Mata Tertancap Kail Pancing, Pari Manta Ray Bernama Freckles Ini Minta Tolong ke Penyelam

Pari manta ray ini diberi nama frackles karena pola bintik-bintik di bagian perutnya yang seperti bintik-bintik di wajah manusia. (Jake Wilton)

Trubus.id -- Ketika Freckles, ikan pari manta ray mendekati penyelam Jake Wilton dan Monty Halls, mereka terkejut melihat kail yang tertanam di bawah mata kanannya. Yang lebih mengejutkan adalah ketika pari manta ray itu berhenti di dekat mereka seolah meminta bantuan.

Jake menyelam beberapa kali, setiap kali berenang dari dekat dan melepaskan kait dari kulitnya. Frackles seakan menunggu dengan sabar agar Jake selesai mengambil kail yang tertanam di matanya itu.

Jake sejak itu memeriksa Freckles secara berkala dan mengatakan kepada BBC News bahwa dia baik-baik saja, dan bahkan mungkin mengenalinya.

"Saya pergi untuk menyelam (untuk memeriksanya) dan dia berhenti dan berkeliaran selama sekitar 30 detik di atas saya - itu sangat liar. Mereka memiliki kesadaran diri dan dapat mengenali sinar manta secara individu, sehingga dia bisa mengenali saya." terangnya seperti dikutip dari BBC News, Senin (15/7)

Frackles, begitu pari manta ray itu dinamakan. Nama itu muncul karena pola bintik-bintik yang unik di perutnya. Hiu manta ray yang diperkirakan berusia 30 tahun itu diperkirakan salah satu induk betina tua yang dihormati di koloni mereka.

Jake mengatakan, kemungkinan besar dia sedang menyusuri dasar laut untuk mengambil plankton ketika kait yang dibuang para pemancing menancap di dekat matanya.

Ini adalah masalah umum di Coral Bay, katanya, meskipun ia menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya pihaknya memiliki satu yang benar-benar mendekati para penyelam dan mereka mencoba dan mengeluarkan (kail) itu keluar.

"Ini semua murni kecelakaan, tetapi banyak terumbu di teluk adalah area di mana pari manta mengunjungi untuk dibersihkan oleh ikan kecil, agar tetap sehat," jelasnya. 
"Orang-orang memancing di stasiun pembersihan itu, dan kemudian secara tidak sengaja mengaitkan pari manta." terangnya lagi.

Perahu adalah bahaya besar lainnya bagi pari manta di daerah tersebut - sebagian besar cedera yang dialami penyelam disebabkan oleh baling-baling kapal. Jake mengatakan ia dan rekan-rekannya berusaha mendorong area perlindungan di terumbu karang, untuk setidaknya memberi pari manta beberapa tempat aman.

"Semua pari manta perumahan, yang sudah ditetapkan di sini sebelum pariwisata, akan datang ke akhir umur mereka," katanya.

"Jadi kekhawatiran terbesar sekarang adalah, ketika orang-orang ini pergi, manta ray baru yang datang ... apakah mereka akan menyebut tempat ini rumah, atau mereka akan datang ke sini dan berpikir, 'Oh, ini bukan tempat yang sangat baik untuk dibersihkan, ada terlalu banyak kapal, terlalu banyak wisatawan?" ujarnya lagi.

pari manta ray tidak berbahaya - pada kenyataannya, mereka secara luas dianggap sebagai raksasa laut yang lembut. Jake menambahkan bahwa mereka sangat cerdas, dan mereka memiliki ingatan yang hebat.

"Sepanjang hidup mereka, mereka akan memiliki daerah-daerah tertentu yang mereka kunjungi pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, dan mereka mengingat tempat-tempat itu dan memiliki hubungan dengan pari manta lainnya," katanya.

"Itulah mengapa sangat penting untuk melindungi daerah-daerah itu, karena mereka harus kembali ke sana." tegasnya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: