Perburuan Liar Ditekan, Populasi Badak dan Gajah di Tanzania Meningkat Tajam

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
12 Juli 2019   23:00

Komentar
Perburuan Liar Ditekan, Populasi Badak dan Gajah di Tanzania Meningkat Tajam

Populasi badak dan gajah di Tanzania meningkat berkat upaya pemerintah memerangi perburuan liar. (Getty Images)

Trubus.id -- Empat tahun lalu, di Tanzania hanya tercatat ada 15 individu badak yang kini mulai langka. Namun belum lama ini, pemerintah setempat menyebut, sekarang sudah ada 167 ekor badak yang menghuni hutan konservasi di negara tersebut.

Dilansir dari BBC, Jumat (12/7), kantor kepresidenan Tanzania juga mengatakan populasi gajah telah meningkat hampir setengahnya dalam lima tahun belakang. Mereka mengklaim, peningkatan populasi kedua satwa dilindungi ini terjadi berkat kegigihan negara yang terus memerangi pemburu gading ilegal.

Presiden Tanzania, John Magufuli telah sangat ketat menerapkan hukum pada kejahatan terhadap satwa liar sejak menjabat pada tahun 2015 silanm. Ia bahkan mendesak pasukan keamanan untuk menangkap semua yang terlibat perdagangan cula dan gading gajah

Badak sering diburu karena culanya. Di beberapa negara, cula digunakan sebagai cara untuk mewakili kekayaan atau tanah sebagai bahan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Awal tahun ini seorang pengusaha Cina, dijuluki "Ratu Gading", dijatuhi hukuman 15 tahun penjara oleh pengadilan Tanzania. Dia dihukum karena terbukti menyelundupkan lebih dari 350 gading gajah asal Tanzania ke Asia.

Permintaan untuk cula badak atau gading dari gading gajah di negara-negara Asia seperti Cina atau Vietnam, telah menyebabkan masalah perburuan besar di seluruh Afrika. Ketika negara itu berusaha meningkatkan jumlah hewan, Tanzania sekarang menggunakan 32 persen dari total luas lahannya untuk konservasi.

Namun, para ahli margasatwa Inggris mengatakan kenaikan jumlah badak mungkin disebabkan oleh hewan yang dibawa ke negara itu dari tempat lain, daripada berkembang biak di antara hewan yang sudah tinggal di sana. [RN]
 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 13 Juli 2019 - 12:40

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: