Anjing Beagle Mampu Mengendus Kanker Paru paru dengan Tingkat Akurat 97 Persen

TrubusLife
Syahroni
07 Juli 2019   14:00 WIB

Komentar
Anjing Beagle Mampu Mengendus Kanker Paru paru dengan Tingkat Akurat 97 Persen

Anjing jenis beagle mengendus kanker paru dengan tingkat akurat mendekati 100 persen. (Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah penelitian kecil di Amerika Serikat menemukan bahwa anjing, khususnya jenis beagles mungkin dapat mengendus kanker paru-paru dengan akurasi hampir 100 persen. Temuan ini menunjukkan bahwa menggunakan anjing untuk mendeteksi penyakit bisa menjadi cara yang efektif untuk skrining kanker massal.

Penelitian dilakukan oleh para peneliti dari Lake Erie College of Osteopathic Medicine. Dalam upayanya, tim memilih tiga anjing beagle untuk penelitian ini. Anjing beagle sendiri adalah jenis anjing yang dikenal karena indra penciumannya yang sangat baik.

Tim menghabiskan delapan minggu melatih anjing-anjing sebelum melakukan tes, yang melibatkan anjing mengendus sampel serum darah dari pasien yang sehat dan mereka yang memiliki kanker paru-paru sel kecil di tingkat hidung. Anjing-anjing duduk setelah mengendus sampel untuk menunjukkan apakah mereka mendeteksi kanker, atau pindah ke sampel berikutnya jika tidak ada kanker yang terdeteksi.

Baca Lainnya : Konsumsi Suplemen Antioksidan Mempercepat Penyebaran Kanker Paru-paru?

Temuan yang dipublikasikan dalam The Journal of the American Osteopathic Association, menunjukkan bahwa ketiga kumbang mampu membedakan antara sampel serum darah yang diambil dari pasien dengan kanker paru-paru ganas dan pasien yang sehat dengan akurasi 97 persen.

Jika anjing dapat mengidentifikasi kanker paru-paru dengan aroma, maka para peneliti mengatakan bahwa ini dapat mengarah pada pengembangan bentuk skrining kanker massal yang efektif, aman dan murah.

"Kami menggunakan anjing-anjing untuk memilah-milah lapisan aroma sampai kami mengidentifikasi biomarker," kata penulis utama studi Thomas Quinn, DO. "Masih banyak pekerjaan di depan, tetapi kami membuat kemajuan yang baik." tambahnya.

Dr Quinn dan timnya sekarang sedang menyelesaikan tahap kedua penelitian, di mana anjing menggunakan sampel napas pasien, dikumpulkan oleh pasien yang bernapas ke dalam masker wajah, untuk mengidentifikasi kanker paru-paru, payudara, dan kanker kolorektal. Sejauh ini temuan menunjukkan bahwa anjing juga dapat mendeteksi kanker menggunakan metode ini.

Baca Lainnya : Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Tim mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk akhirnya mengembangkan produk skrining over-the-counter, yang mirip dengan tes kehamilan dalam hal biaya, ketersediaan, dan kemudahan untuk digunakan.

Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia untuk wanita dan pria. Penapisan saat ini untuk penyakit ini mahal dan tidak selalu akurat.

"Saat ini tampaknya anjing memiliki kemampuan alami yang lebih baik untuk melakukan skrining kanker daripada teknologi kami yang paling canggih. Begitu kita mengetahui apa yang mereka ketahui dan bagaimana, kita mungkin bisa mengejar ketinggalan." kata Dr. Quinn. [RN]

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini untuk Singkirkan Perut Buncit 

Health & Beauty   16 Nov 2019 - 22:34 WIB
Bagikan:          
Bagikan: