Pawang Ternama Tewas Diserang Harimaunya, Eksploitasi Hewan Sirkus Kembali jadi Sorotan

TrubusLife
Syahroni
07 Juli 2019   07:00 WIB

Komentar
Pawang Ternama Tewas Diserang Harimaunya, Eksploitasi Hewan Sirkus Kembali jadi Sorotan

Kedelapan harimau milik Orfei Circus diamankan petugas usai insiden tewasnya seorang pawang mereka. (Orfei Circus)

Trubus.id -- Empat harimau telah membunuh pawang mereka di Italia selatan. Kejadian ini kontan memicu seruan pelarangan penggunaan binatang di sirkus kembali menggema. Apalagi saat ini Pprlemen negara itu memang tengah memperdebatkan masalah tersebut.

Polisi mengatakan, harimau-harimau itu menganiaya pawang Orfei Circus berusia 61 tahun, Ettore Weber selama sesi pelatihan di Triggiano, sebuah kota kecil di wilayah Puglia, Kamis (4/7) waktu setempat.

Baca Lainnya : Setelah New Jersey, Negara Bagian Ini Juga Larang Eksploitasi Hewan Sirkus

Menurut media setempat, salah satu harimau menyerang Weber, sebelum tiga lainnya bergabung. Mr Weber dianggap sebagai salah satu pelatih harimau sirkus terbaik di dunia, menurut surat kabar Corriere Della Sera.

Pasca insiden, delapan harimau sirkus disita oleh polisi di taman safari terdekat, dan memicu protes dari asosiasi kesejahteraan hewan.

Liga Anti-Visitasi (LAV) menyerukan agar harimau yang terlibat dalam serangan itu tidak dibunuh, dan mendesak Pemerintah untuk mempercepat undang-undang untuk melarang hewan sirkus.

Anggota parlemen Italia sedang membahas RUU baru untuk melarang binatang buas dari sirkus, setelah upaya yang gagal pada tahun 2017.

Baca Lainnya : Gubernur New York Larang Penggunaan Gajah untuk Sirkus

"Harimau harus diselamatkan ... dan ditempatkan di lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan alami mereka," kata LAV dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters, Sabtu (6/7).

Pemerintah telah berjanji untuk bertindak cepat jika RUU itu disahkan, untuk alarm asosiasi sirkus nasional yang telah mengumumkan aksi protes.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh think-tank the Italian Censis Foundation, Italia adalah salah satu dari sedikit negara Eropa yang tidak membatasi penggunaan hewan dalam sirkus. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: