Ingat, Jangan Seduh Teh Celup Berulang Kali

TrubusLife
Astri Sofyanti
30 Juni 2019   21:00 WIB

Komentar
Ingat, Jangan Seduh Teh Celup Berulang Kali

Menyduh teh celup (Istimewa)

Trubus.id -- Menyeduh teh celup memang lebih praktis dan cepat, karena kamu tidak perlu repot untuk menakar jumlah teh untuk dihidangkan. Meski begitu, penting untuk kamu ketahui jangan menyeduh teh celup berkali-kali.

Berikut sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan banyak orang ketika menyeduh teh celup:

Dipakai berulang kali

Mengutip Antaranews, Minggu (30/6), pakar teh Ratna Somantri, teh celup sebaiknya dipakai hanya sekali. Bila dikeringkan, kemudian dicelupkan ke teko atau gelas lain yang berisi air panas, besar kemungkinan semua manfaat teh sudah menghilang.
 
“Aroma dan rasa sudah tidak ada atau berkurang, yang tersisa hanya warnanya,” jelasnya.

Jika kamu menginginkan manfaat antioksidan yang terkandung dalam teh, jangan harap bisa mendapatkannya dari kantong teh celup yang sudah dipakai berulang kali.
 
“Kalau mau manfaat maksimal, menyeduhnya harus benar,” ucapnya.
 
Jangan menyeduh teh terlalu lama

Ada orang yang membiarkan teh celup berdiam terlalu lama di dalam teko atau gelas. Padahal, proses penyeduhan teh biasanya hanya membutuhkan kisaran dua hingga tiga menit.

Daun teh juga sebaiknya tidak direndam terlalu lama di dalam air karena daun teh sudah sangat lembut. Bila direndam terlalu lama, teh akan semakin pekat dan membuat kerja ginjal semakin berat.
 
“Karena terlalu pekat, akhirnya jadi pahit dan merasa harus menambah gula. Padahal beberapa teh lebih enak tanpa gula,” pungkasnya. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Tanaman Tomat Mengubah Ulat Grayak Menjadi Kanibal

Plant & Nature   05 Juni 2020 - 00:27 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: