Turunkan Kualitas Sel Telur, Efek Lain dari Polusi Udara

TrubusLife
Ayu Erning Setyowati | Followers 0
27 Juni 2019   17:00

Komentar
Turunkan Kualitas Sel Telur, Efek Lain dari Polusi Udara

Ilustrasi polusi udara (Saigoneer)

Trubus.id -- Polusi udara tidak hanya memengaruhi paru-paru kita, karena penelitian baru menunjukkan kualitas udara juga dapat dikaitkan dengan penurunan jumlah sel telur di ovarium wanita. Sudah lama diketahui bahwa faktor-faktor lingkungan memengaruhi sistem reproduksi kita, dan banyak penelitian mengaitkan jumlah sperma yang rendah dengan indikator lingkungan, tetapi lebih sedikit yang meneliti kaitannya dengan ovarium.

Studi terbaru ini, dipresentasikan di European Society of Human Reproduction and Embryology adalah yang pertama kali melihat prevalensi telur dan bukan hanya kesuburan. Peneliti Italia mengumpulkan sampel hormon dari 1.300 wanita Italia dan membandingkan kadar hormon AMH mereka dengan metrik kualitas udara. Hormon AMH biasanya menandakan "cadangan" telur wanita tetapi juga dapat berfluktuasi tergantung pada usia wanita, genetika dan jika mereka perokok.

Baca Lainnya : Polusi Udara Bikin Milenial di Inggris Paranoia

Para peneliti menemukan bahwa kadar hormon AMH yang lebih rendah dikaitkan dengan indeks polusi udara yang lebih tinggi. Ini menunjukkan bahwa polusi udara dapat dihubungkan ke jumlah telur yang lebih rendah di ovarium. Namun, para peneliti juga mengakui bahwa seringkali polusi udara terkonsentrasi di daerah-daerah dengan pendapatan rendah dan masalah keadilan lingkungan lainnya, oleh karena itu ada kemungkinan faktor-faktor perancu yang juga berdampak pada indung telur wanita di daerah-daerah ini. Studi ini juga tidak mengukur paparan langsung terhadap polusi udara, hanya paparan tidak langsung melalui indeks polusi udara rata-rata di alamat rumah para peserta.

“Tinggal di daerah yang terkait dengan tingginya tingkat polutan udara dalam penelitian kami meningkatkan risiko berkurangnya cadangan ovarium dengan faktor dua atau tiga,” kata Dr. Antonio La Marca, yang memimpin penelitian. 

Baca Lainnya : Polusi Udara Meningkatkan Risiko Diabetes

Penelitian lain juga mengaitkan kualitas udara dengan kesehatan reproduksi wanita, termasuk satu studi yang menghubungkan polusi dengan siklus menstruasi yang tidak teratur dan studi lain yang menghubungkan polusi ozon dengan penurunan kesuburan.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengklarifikasi temuan dan menentukan apakah ini merupakan efek sementara atau permanen bagi perempuan. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 27 Juni 2019 - 11:55

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: