Kenapa Nyamuk Pilih-pilih Mangsa? Penelitian Ini Ungkap Jawabannya

23 Juni 2019   22:00 WIB

Kenapa Nyamuk Pilih-pilih Mangsa? Penelitian Ini Ungkap Jawabannya

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa orang dapat duduk di luar sepanjang malam tanpa digigit nyamuk. Namun beberapa orang lainnya, nyaris tidak bisa menghindari gigitan nyamuk sedikit pun meski mereka sudah mandi dan menggunakan berbagai cara yang lazim digunakan untuk menangkal gigitannya. Lalu, apa yang membuat nyamuk memilih-milih mangsanya?

Sebagian besar tentang lanskap kimia tak terlihat dari udara di sekitar kita. Nyamuk memanfaatkan lanskap ini dengan menggunakan perilaku khusus dan organ indera untuk menemukan korban dengan mengikuti jejak kimiawi yang ditinggalkan tubuh mereka.

Secara khusus, nyamuk mengandalkan karbon dioksida untuk menemukan inangnya. Ketika kita menghembuskan napas, karbon dioksida dari paru-paru kita tidak langsung menyatu dengan udara. Itu sementara tetap dalam gumpalan bahwa nyamuk mengikuti seperti remah roti.

Baca Lainnya : Peneliti Asal Milan Temukan Cara Agar Nyamuk Malas Gigit Manusia

"Nyamuk mulai menyesuaikan diri dengan pulsa karbon dioksida dan terus terbang melawan angin saat mereka merasakan konsentrasi yang lebih tinggi daripada yang terkandung di udara ambien normal," kata Joop van Loon, ahli entomologi di Universitas Wageningen di Belanda.

Menggunakan karbon dioksida, nyamuk dapat mengunci target dari jarak hingga 164 kaki (50 meter). Hal-hal mulai menjadi pribadi ketika nyamuk berjarak sekitar 3 kaki (1 m) dari sekelompok target potensial. Dalam jarak dekat, nyamuk memperhitungkan banyak faktor yang bervariasi dari orang ke orang, termasuk suhu kulit, keberadaan uap air dan warna.

Para ilmuwan berpendapat bahwa variabel terpenting yang diandalkan nyamuk ketika memilih satu orang di atas yang lain adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh koloni mikroba yang hidup di kulit kita.

Baca Lainnya : Ditemukan Nyamuk terbesar di Dunia dengan Bentang Sayap 11 Sentimeter

"Bakteri mengubah sekresi kelenjar keringat kita menjadi senyawa volatil yang dibawa melalui udara ke sistem penciuman di kepala nyamuk," kata Van Loon kepada Live Science.

Kerangka kimia ini cukup rumit, termasuk lebih dari 300 senyawa yang berbeda, dan mereka bervariasi dari orang ke orang berdasarkan variasi genetik dan lingkungan.

"Jika Anda membandingkan ayah dan anak perempuan dalam rumah tangga yang sama, mungkin ada perbedaan dalam rasio bahan kimia yang dihasilkan mikroba," kata Jeff Riffell, seorang profesor biologi di University of Washington yang telah mempelajari atraksi nyamuk.

Misalnya, pria dengan keragaman mikroba kulit yang lebih besar cenderung mendapatkan lebih sedikit gigitan nyamuk daripada pria dengan mikroba kulit yang kurang beragam, sebuah studi 2011 di jurnal PLOS ONE menemukan.

Baca Lainnya : Nyamuk Ternyata Penakut, Coba Cara Ini Dijamin Nyamuk Kabur

Selain itu, pria dengan mikroba yang kurang beragam cenderung memiliki bakteri berikut di tubuh mereka: Leptotrichia, Delftia, Actinobacteria Gp3 dan Staphylococcus, kata para peneliti.

Sebaliknya, pria dengan beragam mikroba cenderung memiliki bakteri Pseudomonas dan Variovorax di kulit mereka, demikian temuan studi itu.

Perbedaan kecil dalam komposisi rangkaian kimia ini dapat menjelaskan perbedaan besar dalam berapa banyak gigitan yang didapat seseorang. Komposisi koloni-koloni mikroba itu juga dapat bervariasi dari waktu ke waktu pada individu yang sama, terutama jika orang itu sakit, kata Riffell.

Manusia memang tidak memiliki banyak kendali atas mikrobioma pada kulitnya, tetapi Riffell memang menawarkan beberapa saran berdasarkan penelitiannya.

"Nyamuk menyukai warna hitam," jadi pertimbangkan untuk mengenakan sesuatu yang lebih ringan untuk menghindari gigitan nyamuk, katanya. [RN]