Banyak Perempuan yang Tak Sadar, Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

TrubusLife
Syahroni
23 Juni 2019   20:00 WIB

Komentar
Banyak Perempuan yang Tak Sadar, Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Banyak perempuan yang tidak sadar kalau minuman beralkohol picu kanker payudara. (Livescience)

Trubus.id -- Studi terbaru yang dilakukan pusat kesehatan di Inggris mengungkapkan kaitan alkohol dan kanker payudara pada perempuan. Disebutkan, mengonsumsi minuman mengandung alkohol mampu meningkatkan risiko perempuan terkena kanker payudara dan perempuan tidak sadar akan hal itu.

Peneliti studi menganalisis informasi dari 205 wanita yang menjalani skrining kanker payudara atau mencari pengobatan untuk gejala kanker payudara di rumah sakit Inggris. Para wanita disurvei tentang pengetahuan mereka tentang faktor risiko kanker payudara.

Sekitar setengah wanita yang disurvei tahu bahwa merokok adalah faktor risiko kanker payudara, dan 30% mengakui obesitas sebagai faktor risiko. Tetapi hanya sekitar 20% yang tahu bahwa mengonsumsi alkohol adalah faktor risiko, penelitian menemukan.

Baca Lainnya : Ada Bir Khusus Pengidap Kanker Payudara di Ceko

Bahkan di antara staf layanan kesehatan, pengetahuan tentang hubungan antara alkohol dan kanker payudara masih kurang - dari 33 staf layanan kesehatan yang disurvei, 49% mengidentifikasi alkohol sebagai faktor risiko kanker payudara. 

Studi baru dilakukan di pusat kesehatan tunggal di Inggris, dan temuan tidak selalu berlaku untuk populasi umum. Tetapi temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan di Amerika Serikat. Dalam survei yang dilakukan tahun 2017 silam oleh American Society of Clinical Oncology menemukan bahwa 70% orang Amerika tidak tahu bahwa minum alkohol adalah faktor risiko kanker.

Diperkirakan konsumsi alkohol bertanggung jawab atas sekitar 5% hingga 11% dari semua kasus kanker payudara, dengan risiko lebih tinggi terlihat di kalangan peminum berat. Sebuah studi baru-baru ini juga memperkirakan bahwa minum sebotol anggur seminggu setara dengan merokok 10 batang per minggu untuk wanita, dalam hal risiko kanker secara keseluruhan.

Studi baru juga menunjukkan bahwa mungkin sulit bagi orang untuk memperkirakan dengan tepat berapa banyak alkohol yang mereka konsumsi. Studi tersebut menunjukkan bahwa lebih dari setengah partisipan tidak dapat memperkirakan dengan benar kandungan alkohol dalam salah satu dari empat minuman beralkohol yang biasa dikonsumsi - segelas anggur, satu liter bir, satu liter sari buah dan sebotol minuman keras.

"Ini menunjukkan bahwa banyak wanita mungkin tidak menyadari bahwa tingkat konsumsi alkohol mereka dapat meningkatkan risiko kanker payudara," tulis para penulis dalam jurnal BMJ Open edisi 18 Juni seperti dilansir dari Livescience.

Baca Lainnya : Terungkap, Penyebab Kanker Payudara Berhubungan dengan Komposisi Bakteri

Ada kemungkinan bahwa skrining kanker payudara dan kunjungan untuk gejala kanker payudara dapat berfungsi sebagai "momen yang dapat diajar" untuk memberi tahu perempuan tentang cara untuk mengurangi risiko kanker payudara mereka, seperti dengan mengurangi konsumsi alkohol, kata para penulis.

Memang, ketika perempuan dalam penelitian ditanya bagaimana perasaan mereka tentang sesi 5 menit di mana mereka diberikan informasi pencegahan kanker di pemutaran kanker payudara atau janji untuk gejala payudara, sekitar 30% persen mengatakan ini akan membuat mereka lebih kemungkinan akan menghadiri janji temu itu, dan 70% mengatakan tidak ada bedanya.

Ini menunjukkan bahwa "perempuan tidak akan menunda menghadiri skrining [kanker] payudara atau janji temu klinik jika mereka sadar mereka akan menerima beberapa pendidikan pencegahan kanker," dan bahkan mungkin lebih mungkin untuk menghadiri, kata para penulis.

Namun, penelitian lebih lanjut akan diperlukan tentang cara terbaik untuk memberikan informasi tersebut. Baik pasien maupun penyedia layanan kesehatan menyatakan keprihatinannya bahwa sesi semacam itu mungkin dianggap menempatkan stigma pada perempuan yang minum atau menyalahkan perempuan karena minum. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Tips Penyembuhan Indera Penciuman Usai Terpapar Covid-19

Health & Beauty   21 Des 2020 - 17:12 WIB
Bagikan: