Tanah Beku Arktika Mencair pada Tingkat yang Mengkhawatirkan Hingga 2090

TrubusLife
Syahroni
22 Juni 2019   08:00 WIB

Komentar
Tanah Beku Arktika Mencair pada Tingkat yang Mengkhawatirkan Hingga 2090

Permafrost atau daratan beku arktika mencair. (China Dialogue )

Trubus.id -- Tanah beku, yang disebut permafrost, telah mencair di Kutub Utara hingga 70 tahun lebih awal dari perkiraan para ilmuwan. Lanskap mencair ditemukan selama perjalanan ekspedisi oleh tim peneliti dari University of Alaska, Fairbanks.

Batuan dan tanah di daerah ini telah membeku selama ribuan tahun, tetapi sederetan musim panas yang hangat luar biasa sudah cukup untuk secara drastis mengubah suhu dan ekosistem.

Para ilmuwan menggunakan pesawat baling-baling kecil untuk mengumpulkan data di Kutub Utara Kanada. Beberapa lokasi sangat terpencil sehingga pemukiman manusia terdekat berjarak hingga 186 mil.

Yang mengherankan, pemandangannya tampak sangat berbeda dari yang terakhir kali saat mereka terbang lebih dari 10 tahun yang lalu selama misi pengumpulan data dasar.

Alih-alih tanah beku dan es padat, tim melihat depresi di tanah yang mengindikasikan pencairan dan potensi tenggelam, dan kolam-kolam tempat es mencair, yang disebut thermokarst. Mereka juga melihat tumbuh-tumbuhan di daerah ini, yang sangat tidak biasa untuk tempat beku seperti itu.

Pencairan lapisan es tak hanya mengkhawatirkan karena perubahan pada ekosistem; es di daerah ini juga mengandung gas rumah kaca dalam jumlah yang besar. Ketika es mencair, gas-gas dilepaskan ke atmosfer dan berkontribusi terhadap krisis iklim.

Jennifer Morgan dari Greenpeace International mengatakan kepada The Guardian, “Permafrost yang mencair adalah salah satu titik kritis bagi kerusakan iklim, dan itu terjadi di depan mata kita. Pencairan prematur ini adalah sinyal lain yang jelas bahwa kita harus mendekarbonisasi ekonomi kita, dan segera.”

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: