Cacing Laut di Skotlandia Ini Punya Mata di Bokongnya

TrubusLife
Syahroni
22 Juni 2019   07:00 WIB

Komentar
Cacing Laut di Skotlandia Ini Punya Mata di Bokongnya

Cacing Ampharete oculicirrata. (Scottish Sun)

Trubus.id -- Beberapa orang mungkin mengklaim memiliki mata di belakang kepala mereka. Mungkin sama bermanfaatnya, seekor cacing laut baru yang ditemukan di lepas pantai Skotlandia yang memiliki mata di belakang bokongnya ini.

Cacing kecil yang digambarkan untuk pertama kalinya dalam edisi Juni di European Journal of Taxonomy, disebut Ampharete oculicirrata. Bagian terakhir dari namanya merujuk pada sepasang mata hitam bermanik (atau "oculi") pada bagian buntut cacing - gumpalan kecil seperti tentakel muncul dari pantat makhluk itu. Sebetulnya, cacing ini juga memiliki sepasang mata di dekat mulutnya, tetapi nama "Ampharete head-eyes" rasanya kurang menarik, ya.

Baca Lainnya : Hiii... Cacing Aneh Ini Memakan Batu dan Mengeluarkan Kotoran Berupa Pasir

Para peneliti menemukan cacing tersebut saat mengumpulkan sampel dasar laut berpasir dari Daerah Perlindungan Laut Shetland Shelf Barat di utara Skotlandia, yang dianggap sebagai hotspot keanekaragaman hayati yang belum dimanfaatkan. Dalam 50-an sendok pasir yang diambil dari sekitar 400 kaki (120 meter) di bawah permukaan air, tim menemukan lebih dari 80 spesimen cacing. Masing-masing berukuran panjang 0,15 hingga 0,2 inci (4 hingga 5 milimeter).

Baca Lainnya : Cacing Tabung Laut Dalam Terindikasi di Pantai Atlantik Carolina Utara

Seperti polychaetes lainnya (kelas cacing laut tersegmentasi), A. oculicirrata adalah pengumpan terbawah, yang diilustrasikan dengan baik oleh jalinan tentakel yang merebut makanan dekat mulutnya. Bukan hal yang aneh bagi polychaetes untuk meng-host beberapa set mata di sepanjang tubuh kecilnya yang menggeliat (memiliki jaringan visual yang tersebar dapat membantu cacing laut dengan lebih baik mendeteksi bayangan ikan predator); tetapi, menurut penulis penelitian, mata posterior A. oculicirrata relatif jarang di antara kerabat terdekatnya.

Menurut perwakilan dari Komite Konservasi Alam Bersama, sebuah kelompok konservasi UK yang juga membiayai penelitian ini, penemuan cacing aneh yang begitu dekat dengan daratan Skotlandia ini adalah bukti lebih lanjut tentang beragam kehidupan yang bersembunyi di habitat berpasir di Shelf Land Shelfland. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: