Terlalu Nyaman Dekat dengan Manusia, Beruang Liar Ini Terpaksa Disuntik Mati

TrubusLife
Syahroni
20 Juni 2019   21:30 WIB

Komentar
Terlalu Nyaman Dekat dengan Manusia, Beruang Liar Ini Terpaksa Disuntik Mati

Seekor beruang hitam muda terpaksa disuntik mati karena sudah terlalu nyaman berada dekat manusia. (WCSO Oregon)

Trubus.id -- Departemen Ikan dan Satwa Liar Oregon, Amerika Serikat menyatakan, pihaknya terpaksa menyuntik mati seekor beruang hitam karena sudah satwa liar itu dinilai sudah terlalu nyaman berada di sekitar manusia. 

Beruang muda itu sebelumnya kerap terlihat di dekat dermaga Scoggins Valley Park dekat Danau Henry Hagg di bagian barat laut negara bagian tersebut. Satwa liar itu biasa mengais makanan yang ditinggalkan untuknya di lokasi tersebut. 

Keputusan untuk menidurkan beruang terjadi setelah Kantor Sheriff Wilayah Washington dan Departemen Ikan Oregon menerima laporan penampakan beruang di daerah dekat dermaga. Aparat penegak hukum juga menemukan foto-foto di media sosial orang-orang yang berswafoto dengan beruang tersebut.

Pejabat negara yang menerima laporan juga menyebut, beruang kerap telah terlihat memakan makanan yang ditinggalkan oleh manusia, termasuk campuran jejak dan biji bunga matahari, di jalan raya.

"Mereka berangkat untuk menjebak dan mengangkut hewan itu, tetapi mereka menyadari bahwa beruang tersebut sudah terlalu terbiasa untuk pindah karena beruang itu tidak mundur ketika mereka mendekat," kata biolog satwa liar Kurt Licence kepada Statesman Journal dilansir dari Huffpost.

"Di bawah undang-undang Oregon, adalah ilegal untuk menyebarkan makanan, sampah, atau penarik lainnya sehingga secara sadar menjadi daya pikat, bujukan, atau penarik bagi satwa liar yang berpotensi terhabituasi,” kata departemen satwa liar negara bagian itu dalam pernyataannya.

Tidak hanya memberi makan beruang dapat membuat mereka sakit, hal ini mengurangi kemungkinan petugas satwa liar dapat memindahkan mereka karena mereka lebih mungkin mengalami pertemuan berbahaya dengan manusia di masa depan, menurut para pejabat.

"Ini adalah contoh klasik mengapa kami memohon anggota masyarakat untuk tidak memberi makan beruang. Sementara individu yang mengeluarkan makanan untuk beruang ini mungkin memiliki niat baik, beruang seharusnya tidak pernah diberi makan." terangnya lagi.

Beberapa anggota masyarakat menyatakan kemarahan pada pejabat negara karena memilih untuk menyuntik mati beruang tersebut. Sementara sebagian lainnya justru menyalahkan manusia atas kematian beruang itu.

"Petugas membunuh beruang itu dan itu tidak apa-apa. Masyarakat mencoba melakukan sesuatu yang mereka pikir adalah hal yang baik, tetapi akhirnya justru membuat beruang itu terbunuh. Jadi tolong jangan memberi makan beruang liar," terang Jennifer Harrison, yang telah mengunjungi Hagg Lake bersama keluarganya kepada kantor berita yang berafiliasi dengan CBS Orenon, KOIN. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: