Meski Punya Ragam Manfaat, Jangan Sembarang Minum Jamu Daun Dewa Yah

TrubusLife
Syahroni
20 Juni 2019   21:00 WIB

Komentar
Meski Punya Ragam Manfaat, Jangan Sembarang Minum Jamu Daun Dewa Yah

Daun dewa. (Istimewa)

Trubus.id -- Mengonsumsi jamu dan obat-obatan herbal sebagai alternatif pelengkap dari obat kimia (baik resep maupun nonresep) boleh-boleh saja. Obat herbal yang berupa jamu rebusan rumah relatif aman dikonsumsi karena zat-zat toksik yang mungkin terkandung sudah mengalami perubahan struktur kimia. Namun jangan mengandalkan konsumsi obat-obatan herbal sebagai pilihan pengobatan pertama dan satu-satunya untuk penyakit kronis apapun.

Obat herbal sebaiknya hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, atau menurunkan risiko dari penyakit, bukan untuk menyembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit dibutuhkan obat resep dokter. 

Suplemen herbal juga tidak boleh diminum sembarangan karena reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda. Meski punya keluhan sama, belum tentu obat herbal yang ternyata cocok untuk Anda akan memberikan khasiat yang sama pada suami atau adik Anda.

Dilansir dari Hallosehat.com. beragam studi yang melaporkan manfaat daun dewa untuk kesehatan pada umumnya masih bersifat terbatas dan kurang kuat. Temuan-temuan di atas masih bersifat dugaan awal karena dibuat hanya berdasarkan uji sampel sel atau jaringan organ tubuh atau pada tikus percobaan di laboratorium.

Terlebih lagi, daun dewa telah dikaitkan dengan keracunan hati, yang bisa mengakibatkan penyumbatan vena hati. Penyumbatan vena hati ditandai dengan pembengkakan hati (hepatomegali) yang terasa sakit, penumpukan cairan, penambahan berat badan, dan menguningnya warna kulit dan mata. 

Pada hewan, daun dewa dilaporkan menghambat aktivitas enzim pengubah angiotensin, sehingga menyebabkan hipotensi (tekanan darah rendah). Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan klaim manfaat daun dewa untuk kesehatan manusia. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: