5 Khasiat Daun Dewa, Mulai dari Obati Stroke Hingga Kanker Payudara

TrubusLife
Syahroni
20 Juni 2019   20:30 WIB

Komentar
5 Khasiat Daun Dewa, Mulai dari Obati Stroke Hingga Kanker Payudara

Daun dewa atau Gynura divaricata dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. (Istimewa)

Trubus.id -- Daun Dewa atau Gynura divaricata merupakan salah satu obat herbal yang banyak khasiatnya untuk kesehatan manusia. Khasiat tersebut dipercaya berasal dari senyawa yang ada di dalam daun dewa, di antaranya adalah flavonoid, saponin, dan minyak atsiri. Karena ragam manfaat ini lah daun dewa kemudian banyak dicari masyarakat. Permintaan daun dewa pun terus meningkat. 

Namun sebelum mengonsumsi dan mendapatkan manfaat daun dewa ini, ada baiknya kamu tahu penyakit-penyakit apa yang bisa disembuhkan dengan daun ini. Berikut uraiannya yang dihimpun Trubus.id dari berbagai sumber. 

1. Mengobati kanker payudara

Daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut peroksidase. Sebuah studi tahun 2013 dari Universiti Sains Malaysia yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE menemukan bahwa protein ini bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh karena itu, peneliti percaya bahwa daun dewa berpotensi untuk menjadi pilihan pengobatan kanker payudara.

2. Mengobati herpes

Satu penelitian kolaborasi dari tim periset Thailand dan Jerman menemukan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa mematikan dan menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2 untuk menggandakan diri dalam tubuh. Temuan manfaat daun dewa yang satu ini diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2013.

3. Mengobati hipertensi

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: