Mangsa Ternak, Srigala Abu-abu India yang Sudah Sangat Langka Mati Dipukuli Petani

TrubusLife
Syahroni
17 Juni 2019   23:00 WIB

Komentar
Mangsa Ternak, Srigala Abu-abu India yang Sudah Sangat Langka Mati Dipukuli Petani

Bangkai srigala abu-abu India yang dilaporkan mati dipukuli petani setelah satwa langka itu memangsa ternak mereka. (Wildlife Institute of India)

Trubus.id -- Seekor srigala abu-abu India yang sudah tidak pernah dijumpai selama 8 dekade terakhir, ditemukan lagi di Bangladesh. Sayangnya, saat ditemukan, srigala abu-abu India itu sudah dalam kondisi mati. Yang menyayat hati, srigala langka itu mati karena dipukuli para petani setelah satwa langka itu memangsa ternak mereka, kata para ahli satwa liar 16 Juni.

Serigala abu-abu terakhir kali terlihat di Bangladesh pada tahun 1949, menurut International Union for Conservation of Nature.

Penduduk setempat di sebuah kota dekat Sundarbans, hutan bakau terbesar di dunia yang menaungi India dan Bangladesh, menangkap dan membunuh serigala karena telah menyerang ternak mereka.

Baca Lainnya : Mengenal Kambing Hutan Sumatera, Satwa Langka yang Diambang Punah

"Dengan gambar-gambar itu kami mengkonfirmasi bahwa hewan itu adalah serigala abu-abu India," terang Y.V Jhala dari Wildlife Institute of India dilansir hurriyetdailynews.com.

Masih ada sekitar 3.000 hewan di India, beberapa di penangkaran, tetapi mereka menghilang dari habitatnya di utara dan barat laut Bangladesh pada 1940-an, katanya.

Anwarul Islam, ahli zoologi di Universitas Dhaka, mengumpulkan sampel DNA dari hewan tersebut ketika timnya mencari tanda-tanda keberadaan serigala abu-abu India di wilayah tersebut.

Baca Lainnya : Macan Tutul Hitam yang Langka Masih Eksis di Kenya

"Menyedihkan karena dipukuli sampai mati. Kita perlu melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui apakah ia bepergian dalam satu paket," kata Islam.

Serigala itu terbunuh pada awal Juni tetapi hanya diidentifikasi ketika foto mayatnya dikirim ke para ahli.

Sebelumnya, sejumlah binatang, termasuk hyena bergaris, rusa rawa dan rusa hitam, telah menghilang dari Bangladesh dalam beberapa dekade terakhir. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Susu Membantu Menurunkan Berat Badan?

Health & Beauty   22 Nov 2019 - 17:11 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: