Studi: Manusia Kemungkinan Mengonsumsi Plastik Lima Gram Setiap Minggu, Kok Bisa

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
15 Juni 2019   23:00

Komentar
Studi: Manusia Kemungkinan Mengonsumsi Plastik Lima Gram Setiap Minggu, Kok Bisa

Partikel plastik dalam air minum kemasan (Istimewa)

Trubus.id -- Baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Universitas Newcastle di Australia menunjukkan bahwa manusia di seluruh dunia kemungkinan mengonsumsi dan mencerna lima gram partikel plastik setiap minggunya.

Para peneliti menjelaskan bahwa partikel plastik yang dikonsumsi manusia ini bisa berasal dari air keran atau air minum kemasan. Para peneliti juga mengungkapkan, partikel polimer yang nyaris tak kasatmata itu juga ditemukan pada kerang, bir, dan garam.

Penemuan ini dipatenkan setelah 52 kali studi penelaahan sejawat (peer review) adalah studi pertama yang memperkirakan berat plastik yang dikonsumsi oleh setiap individu, yaitu 250 gram selama satu tahun.

Baca Lainnya : Meningkat, Jumlah Mikroplastik yang Dikonsumsi Manusia Sudah Mengkhawatirkan

Sementara itu, studi lainnya menghitung bahwa rata-rata orang Amerika makan dan minum sekitar 45 ribu partikel plastik yang lebih kecil dari 130 mikron setiap tahunnya, dan pada saat yang sama menghirup udara dalam jumlah yang sama.

“Plastik tidak hanya mencemari laut kita dan sungai-sungai dan membunuh kehidupan laut, tapi plastik juga ada dalam tubuh kita,” ungkap Marco Lambertini, direktur jenderal WWF Internasional, yang membuat laporan tersebut kepada AFP.

“Bila kita tidak ingin ada plastik dalam tubuh kita, kita harus menghentikan jutaan ton plastik yang terus mengalir ke alam setiap tahunnya,” ungkapnya kembali.

Baca Lainnya : Gelas Kopi Reusable Lebih Higienis daripada Plastik

Sementara itu, dalam 20 tahun terakhir, dunia berlomba-lomba memproduksi plastik. Bahkan diperkirakan industri plastik akan tumbuh empat persen per tahun pada 2024 mendatang. Hal ini diungkapkan berdasarkan laporan terbaru dari Grand View Research.

Seperti yang kita tahu, lebih dari 75 persen dari seluruh plastik berakhir menjadi sampah. Sementara itu, sepertiganya, sekitar 100 juta ton, dibuang atau masuk ke alam, dan mencemari tanah, sungai-sungai dan laut.

Maka, jika tren saat ini bertahan, lautan akan mengandung satu metrik ton plastik untuk setiap tiga metrik ton ikan pada 2025, menurut laporan The New Plastics Economy, yang diterbitkan oleh Ellen MacArthur Foundation. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 16 Juni 2019 - 13:41

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: