Lebah di Argentina Bangun Sarang dari Plastik, Adaptif dengan Perubahan Lingkungan?

TrubusLife
Ayu Erning Setyowati | Followers 0
14 Juni 2019   16:30

Komentar
Lebah di Argentina Bangun Sarang dari Plastik, Adaptif dengan Perubahan Lingkungan?

Ilustrasi sarang lebah (Dok Getaway Magazine)

Trubus.id -- Lebah di Argentina Bangun Sarang dari Plastik, Adaptif dengan Perubahan Lingkungan?

Sementara penggunaan plastik sudah mulai ditinggalkan manusia yang telah sadar akan dampaknya bagi lingkungan, namun ternyata tak sama halnya dengan lebah di Argentina. Para ilmuwan sedang mencari tahu kenapa lebah soliter Argentina sekarang membangun sarang dari kemasan plastik yang ditinggalkan di ladang tanaman. 

Tidak seperti model sarang besar dengan ratu dan pekerja, lebah liar ini bertelur di sarang individu. Para peneliti di Institut Teknologi Pertanian Nasional Argentina membangun 63 sarang kayu untuk lebah liar dari 2017 hingga 2018. Mereka kemudian menemukan bahwa tiga sarang seluruhnya dilapisi dengan potongan-potongan plastik yang telah dipotong lebah dan diatur dalam pola yang tumpang tindih. Plastik itu sepertinya berasal dari kantong plastik atau bahan serupa, dengan tekstur seperti daun yang biasa digunakan lebah untuk melapisi sarang.

Baca Lainnya : Hilang 40 Tahun, Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan di Maluku Utara

Studi para ilmuwan, yang diterbitkan di Apidologie, adalah yang pertama menemukan sarang yang seluruhnya terbuat dari plastik. Tetapi, di sisi lain, para peneliti sebetulnya telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa lebah terkadang memasukkan plastik ke dalam sarang yang terbuat dari bahan alami. Ilmuwan Kanada bahkan telah mencatat penggunaan busa dan selaput plastik oleh lebah di Toronto. Seperti lebah Argentina, lebah di Kanada juga memotong plastik untuk meniru tekstur daun.

Para ilmuwan belum yakin apa yang harus dilakukan dengan perkembangan ‘arsitektur’ ini. “Ini akan menunjukkan fleksibilitas adaptif yang dimiliki spesies lebah tertentu dalam menghadapi perubahan kondisi lingkungan,” tulis Mariana Allasino, penulis utama studi Argentina, dalam siaran pers yang diterjemahkan dari bahasa Spanyol.

Baca Lainnya : Ribuan Lebah Madu di Iowa Mati Gara-gara Vandalisme

Namun, apakah plastik akan membahayakan lebah? Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengukur risiko. Sementara mikroplastik merupakan ancaman besar bagi hewan laut, beberapa makhluk justru giat menemukan cara untuk menggunakan sampah untuk keuntungan mereka. Seperti burung pipit dan burung gereja yang mengatur puntung rokok di sarangnya untuk mengusir tungau parasit. Bau namun efektif.

"Tentu itu [plastik di sarang lebah] mungkin memberikan beberapa manfaat, tetapi belum ditunjukkan," kata entomolog Hollis Woodard kepada National Geographic. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 14 Juni 2019 - 14:19

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: