Mendengarkan Musik Pakai Headset atau Headphone, Mana Lebih Berbahaya?

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
10 Juni 2019   23:00

Komentar
Mendengarkan Musik Pakai Headset atau Headphone, Mana Lebih Berbahaya?

Mendengarkan musik menggunakan headphone (Istimewa)

Trubus.id -- Apakah kamu salah satu orang yang betah berlama-lama mendengarkan musik menggunakan headset atau headphone? Mendengarkan musik memang menjadi solusi bagi kita untuk menenangkan pikiran atau menghilangkan kebosanan. Bahkan, beberapa orang akan lebih fokus bekerja ataupun belajar sambil mendengarkan musik menggunakan headset ataupun headphone.

Namun, jika dilihat dari segi kesehatan, manakah yang lebih baik, headphone atau headset?

Data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) mengutip Okezone mengungkapkan bahwa sebanyak 50 persen pendengaran orang dewasa beresiko turun akibat dari penggunaan headphone untuk mendengarkan musik. Selain itu, CDC atau setara dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengungkapkan, bahwa terdapat 5,2 juta orang yang menderita gangguan pendengaran akibat suara bising dengan kisaran umur penderita 6-19 tahun. Sementara, penderita pada usia 20-69 tahun mencapai 26 juta.

Tentu saja hal ini sangat meresahkan. Walaupun lebih nyaman mendengarkan musik dengan headphone, ternyata terdapat bahaya yang mengintai kamu jika tidak digunakan dengan benar. Di sisi lain, penderita pada usia 20-69 tahun mencapai 26 juta. 

Tahukah kamu ketika mendengarkan suara atau musik yang terlalu keras ke telinga kamu, rambut-rambut kecil yang ada di telinga bisa mati. Matinya rambut-rambut kecil yang bertugas untuk mengirimkan sinyal suara ke otak kamu ini bisa membuat kamu kehilangan pendengaran.

Penggunaan headphone ternyata lebih baik dibandingkan headset?

Headphone melakukan tugasnya memblokir suara dari luar dengan baik. Hal tersebut tentu membuat kamu mendengarkan lagu dengan suara yang lebih kecil ketimbang saat memakai headset. Sangat penting bagi kamu untuk memilih headphone berkualitas tinggi agar risiko gangguan pendengaran dapat berkurang.

jika ditanya lagi manakah yang lebih baik antara headphone atau headset dari segi suara, jelas jawabannya adalah headset. Tapi suara bising justru akan lebih banyak kamu dapatkan dari pemakaian headset. Oleh karena itu, biasanya orang akan cenderung untuk mengeraskan suaranya. Kondisi ini bisa membuat telingamu rusak.

Sebagai contoh, suara gergaji atau motor menciptakan 100 desibel suara. Dengan tingkatan desibel setinggi itu, pendengaran kamu bisa rusak setelah mendengarnya selama setengah jam.

Pada umumnya, suara pemutar musik yang digunakan adalah 70 persen dari volume maksimal yaitu sekira 85 desibel. Jika kamu menambah volumenya dan mendengarkan dalam waktu yang lama, kehilangan pendengaran secara permanen sangat mungkin kamu alami. Jadi alangkah baiknya apabila kamu sebaiknya tidak menggunakan headset dalam jangka waktu yang panjang.

Tapi, jika kamu lebih memilih menggunakan headset, usahakan volume saat mendengarkan musik tidak lebih dari 60 persen, serta batasi penggunaan headset paling lama satu jam. Kesimpulannya, kamu bisa memilih headphone sebagai alternatif untuk mendengarkan musik dengan kualitas yang bagus dan mengurangi risiko kehilangan pendengaran ketimbang menggunakan headset ya guys. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 11 Juni 2019 - 13:36

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: