Simpan Struk Belanjaan di Dompet Picu Kanker, Mitos atau Fakta?

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
10 Juni 2019   17:00

Komentar
Simpan Struk Belanjaan di Dompet Picu Kanker, Mitos atau Fakta?

Bahaya menyimpan struk belanjaan di dompet (Sutterstock)

Trubus.id -- Apakah kamu salah satu orang yang kerap menyimpan struk belanjaan di dompet? Pasti banyak orang tidak tahu kalau menyimpan struk belanjaan di dompet bisa berakibat buruk pada kesehatan, bahkan bisa memicu kanker? Ternyata hal ini bukan isapan jempol semata loh.

Lantas benarkah menyimpan struk belanjaan di dompet bisa memicu penyakit kanker?

Tak banyak orang yang tahu bahwa struk belanjaan mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Zat tersebut adalah BPA atau Bisphenol A. BPA sendiri adalah sebuah senyawa kimia yang biasa digunakan untuk mengeraskan plastik. Bahan kimia ini biasa kamu temukan pada plastik wadah makanan, botol plastik, hingga struk kertas belanja.

Baca Lainnya : Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Penelitian yang melibatkan hewan sebagai percobaan, menunjukkan jika BPA ternyata bisa mengganggu fungsi hormon endokrin. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada pada BPA berefek sama dengan hormon estrogen yang bisa menyebabkan perubahan kelenjar prostat dan jaringan payudara.

Walaupun efek buruk BPA baru terbukti pada hewan, para peneliti menganjurkan sebaiknya tetap menghindari hal-hal yang mengandung BPA. 

Mengutip Plastic Pollution Coalition, BPA yang ada di kertas struk diketahui bisa mengganggu sistem reproduksi pada pria dan perempuan. Hal ini terjadi karena kertas tersebut menyerap senyawa kimia lalu menyerupai estrogen tersebut ke kulit kamu. Jadi jika kamu sering menyimpan struk belanjaan di dompet atau di kantong celana, sejumlah penyakit mematikan seperti kanker payudara, kanker prostat, diabetes bisa kapan saja mengintaimu.

Pernyataan tersebut juga dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan tiga negara seperti Brasil, Spanyol, dan Perancis. Dalam penelitian yang dilakukan tiga negara itu, bukti yang menunjukkan bahwa BPA yang ada di struk belanja bisa memicu penyakit kanker.

Baca Lainnya : Diet Rendah Lemak Bisa Mengurangi Risiko Kematian karena Kanker Payudara

BPA yang ada di struk belanja kamu tidak terikat secara kimiawi. Oleh karena itu, sangat mudah bagi kamu untuk terpapar racun dari struk belanja. Mulai dari menyentuhnya langsung, terpapar melalui uang yang ada di dompet dengan struk belanja.

BPA yang diproses di hati membentuk bisphenol A glucoronide dan sebagian besar dikeluarkan dengan urin. Struktur fenolik BPA telah terbukti dapat berinteraksi dengan estrogen dan bisa berdampak buruk kepada hormon yang dimiliki oleh perempuan. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 10 Juni 2019 - 13:52

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: