Jangan Makan Sambil Berdiri Jika Tak Mau Kepekaan Lidahmu Berkurang

TrubusLife
Astri Sofyanti
10 Juni 2019   11:30 WIB

Komentar
Jangan Makan Sambil Berdiri Jika Tak Mau Kepekaan Lidahmu Berkurang

Makan sambil berdiri ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Apakah kamu memiliki kebiasaan makan sambil berdiri, ketika menghadiri sebuah acara? Jika ya sebaiknya kamu tinggalkan kebiasaan makan sambil berdiri mulai sekarang.

Mengutip Merdeka, Senin (10/6), sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Consumer Research menemukan bahwa postur sangat mempengaruhi persepsi rasa dan menjelaskan bahwa makanan terasa lebih lezat ketika kamu duduk. Diketahui pula ketika seseorang makan sambil berdiri bisa menyebabkan tekanan secara fisik yang bisa berakibat matinya indera perasa.

Selain itu, penelitian tersebut juga melihat secara spesifik bagaimana sistem vestibular mempengaruhi sistem sensor gustatori pada tubuh. Seperti diketahui, sistem vestibular berperan dalam keseimbangan, postur, serta orientasi ruang. Sementara sistem sensor gustatori berperan pada indera pengecap.

Baca Lainnya : Jangan Berlebihan, Makan 3 Kue Nastar Ternyata Setara dengan Sepiring Nasi Loh

Dipayan Biswas, profesor di University of South Florida mengungkapkan bahwa makan sambil duduk akan membuat makanan terasa lebih lezat ketimbang makan sambil berdiri.

Tim peneliti menemukan bahwa gaya gravitasi mendorong darah ke bagian lebih rendah di dalam tubuh. Hal ini membuat kerja jantung lebih keras untuk memompa darah ke bagian atas tubuh.

Selain itu, aktivitas ini juga berujung pada meningkatkan konsentrasi kortisol, yang merupakan hormon penyebab stres. Reaksi ini juga mengurangi sensitivitas sensorik yang mempengaruhi penilaian terhadap rasa, persepsi suhu, serta jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Baca Lainnya : Sakit Kepala di Perjalanan, Sedia 4 Makanan Ini Sebagai Pengganti Obat

Ketika seseorang berdiri maka akan timbul perasaan tak nyaman pada dirinya. Hasil dari berdiri tersebut, makanan yang normalnya terasa lezat jadi tidak begitu nikmat lagi di lidah.

Tim peneliti menyatakan hipotesis mereka dengan meminta 350 partisipan menilai rasa dari makanan. Mereka yang berdiri cenderung memberi nilai tak begitu lezat pada makanan dibandingkan dengan mereka yang makan sambil duduk. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Wabah Belalang yang Menyerang Afrika Sekarang Terjadi di Tiongkok

Plant & Nature   24 Feb 2020 - 11:20 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Makanan Wajib Saat Menderita Flu

Health & Beauty   22 Feb 2020 - 23:15 WIB
Bagikan: