Tragis, Rusa di Taman Nara Jepang Mati Karena Makan Sampah Plastik Wisatawan

TrubusLife
Syahroni
08 Juni 2019   16:30 WIB

Komentar
Tragis, Rusa di Taman Nara Jepang Mati Karena Makan Sampah Plastik Wisatawan

Pengunjung Taman Nara, Jepang memberi makan rusa. (Istimewa)

Trubus.id -- Seekor rusa yang berada di Taman Nara, Jepang kini tengah jadi perbincangan. Hal itu terjadi usai rusa itu mati. Peneliti yang melakukan penyelidikan menemukan 3,2 kilogram sampah plastik di dalam saluran pencernaannya. 

Taman Nara sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal di berbagai negara. Di lokasi ini pengunjung bisa melihat sekaligus bermain dengan rusa-rusa yang hidup di sana. 

Namun sayangnya, kondisi ini ternyata berdampak buruk buat rusa-rusa tersebut. Rusa-rusa yang sudah jinak dan terbiasa dengan kehadiran manusia ini jadi bertingkah aneh dan kerap memakan sampah plastik yang ditinggalkan para pengunjung.

Keresahan akan kondisi ini sendiri semakin memuncak ketika Maret 2019 lalu, sebuah organisasi yang melindungi rusa-rusa di Taman Nara melihat ada seekor rusa yang tampak sakit. Rusa ini berkeliaran di dekat kuil Todaiji yang juga berada di Taman Nara.

Saat itu, dokter hewan mencoba membuat rusa itu makan supaya ia bisa sehat kembali. Namun, rusa itu terus menolak makan hingga akhirnya mati keesokan harinya. Kemudian, beberapa dokter hewan membedah perut rusa itu dan memeriksanya. Ternyata di dalam perut rusa itu, ada sekitar 3,2 kilogram sampah plastik. 

Rusa memang bukan hewan yang bisa membedakan makanan dan plastik. Karena itu, diduga rusa tersebut memakan kantong plastik yang masih berisi makanan. Sebenarnya, rusa di Taman Nara hanya boleh diberikan makan berupa makanan ringan yang dijual di area taman. Namun rusa tidak bisa membedakan mana makanan dan pembungkus plastik sehingga mereka memakan semuanya. [RN]
 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: