Cek Kandungan Kalori Menu Lebaran yang Bakal Kamu Santap Berikut Ini

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
05 Juni 2019   10:00

Komentar
Cek Kandungan Kalori Menu Lebaran yang Bakal Kamu Santap Berikut Ini

Ilustrasi hidangan lebaran opor ayam (Istimewa)

Trubus.id -- Momen lebaran biasanya ditandai dengan melimpahnya hidangan Lebaran. Opor ayam, rendang dan ketupat adalah menu yang mudah dijumpai saat lebaran. Dari sekian banyak menu tersebut, juga masih ada beberapa kue kering yang sangat menggoda. 

Namun Trubus Mania perlu ketahui, dibalik menu yang menggoda tersebut tersimpan kalori tinggi yang membuat timbangan kamu semakin bertambah.

Nah, sebelum kamu kalap saat berkunjung kerumah saudara, ada baiknya jika mengetahui kandungan kalori yang terkandung dalam hidangan lebaran.

Baca Lainnya : Penyakit ISPA Ancaman Terbesar Saat Mudik Lebaran

Sebagian besar hidangan lebaran sangat kental dengan olahan santan. Kandungan kalori dalam santan terbilang sangat tinggi, sekitar 93% kalorinya adalah lemak.

Sebagai perbandingan sederhana, satu cangkir santan saja mengandung sebanyak 552 kalori.

Walaupun santan tidak meningkatkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), namun santan dapat meningkatkan level high-density lipoprotein cholesterol atau HDL. Itu sebabnya, Trubus Mania ada baiknya mengonsumsi santan secara bijak.

Sementara itu, kalori adalah jumlah energi yang diperlukan untuk meningkatkan temperatur 1 gram air sebesar 1 derajat Celsius. Jenis dan banyaknya makanan yang dikonsumsi menentukan berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Lainnya : Ingin Turunkan Berat Badan Usai Lebaran, Begini Caranya

Dalam sehari, rata-rata kalori yang diperlukan wanita adalah 1.600 hingga 2.400 kalori, sementara untuk pria memerlukan 2.000 hingga 3.000 kalori per hari. Jangan lupa, semakin menua usia maka semakin pelan pula kemampuan metabolisme tubuh. 

Nah, berikut ini adalah hitungan beberapa kalori dari setiap menu hidangan lebaran kamu yang ada di depan  mata:

1. Rendang

Rendang terbuat dari daging sapi yang mengandung 468 kalori. Apabila ditelaah lebih jauh lagi, kalori ini terdiri dari 26,57 gram lemak, 10,78 gram karbohidrat, dan 47,23 gram protein.

2. Opor Ayam

Dalam setiap satu porsi opor ayam terdapat 320 kalori. Jumlah ini terdiri dari 11 gram karbohidrat, 15 gram protein, dan porsi terbesar berupa 25 gram lemak.

Baca Lainnya : Mudik Libur Lebaran Bawa Si Kecil, Simak Cara Membawa MPASI yang Benar

3. Lontong Sayur

Dalam setiap porsinya lontong sayur memiliki389 kalori. Porsi terbesar adalah karbohidrat sebesar 57 gram, protein 14,5 gram, dan lemak 11 gram.

Selain menu utama lebaran tersebut, kamu juga perlu mengetahui jumlah kalori dalam kue kering yang kerap kali menjadi cemilan saat berkunjung lebaran ke rumah saudara datau rekan kamu.

1. Nastar

Nastar yang biasanya berisi selai nanas ternyata memiliki kandungan kalori cukup tinggi, yaitu 26 kalori per butirnya.  Faktanya, dalam 50 gram kue nastar yaitu sekitar 10 buah, ada kandungan kalori sebesar 512 kkal. 

2. Kaastengels

Trubus Mania pecinta kue dengan rasa gurih, kaastengels alias kue kering keju adalah pilihan utama saat lebaran. Memakan satu kaastengels saja, kamu telah mengonsumsi 20 kalori. Artinya, dalam 50 gram kaastengels ada 406 kalori.

Baca Lainnya : 5 Makanan Penetralisir Hidangan Selama Lebaran

3. Putri Salju

Putri salju mengandung sekitar 23 kalori di setiap butirnya. Apalagi jika sangat manis dengan taburan gula halus.

4. Lidah kucing

Kue kering tipis dengan rasa manis dan harum khas ini dalam satu potong mengandung 18 kalori. Walaupun cuma 18 kkal per buahnya sudah tentu makan 1 buah tidak akan cukup.

5. Semprit keju

Dalam sepotong semprit keju (5 gram) terkandung 27 kkal. 

Perlu Trubus Mania ketahui, tidak ada salahnya menyantap hidangan lebaran. Namun perlu diingat, jika terlalu banyak maka akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Hal tersebut bisa membahayakan jantung jika terakumulasi. Nah, selamat merayakan hari raya dengan lebih bijak Trubus Mania.[NN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 06 Juni 2019 - 09:03

Minimal Depo 20rb & WD 50rb cs online 1x24 jam WA : [+855]964630067

Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: