Jangan Lakukan Hal Gila, Begini Cara yang Benar Jika Digigit Ular Berbisa

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
04 Juni 2019   11:00

Komentar
Jangan Lakukan Hal Gila, Begini Cara yang Benar Jika Digigit Ular Berbisa

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Buat sebagian orang, ular adalah binatang paling menakutkan. Wajar saja, ular cukup ditakuti karena terkenal akan bisanya yang mematikan. Untuk diketahui, sekitar 100.000 orang di seluruh dunia meninggal akibat gigitan ular setiap tahunnya. 400.000 di antara yang digigit menderita cacat, demikian dilaporkan oleh Doctors Without Borders (MSF). 

Berbicara tentang ular berbisa, ternyata terdapat langkah jitu yang dapat dilakukan jika mengalami hal ini. Dilansir dari Live Science, Senin (3/6), langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menjauh dari ular usai gigitan dan segera mencari pertolongan medis.  

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjauh dari ular - jangan mencoba menangkapnya, itu hanya akan memberi potensi lebih banyak orang yang terluka," kata Dr. Nicholas Kman, profesor kedokteran darurat di The Ohio State University, Wexner Medical Center.

Baca Lainnya : Atractaspis Branchi, Ular Spesies Baru yang Ditemukan di Afrika Barat

Kman melanjutkan, para korban harus segera mencari perawatan medis. Hal itu dikarenakan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh bisa dapat berkembang dengan cepat.

"Kami mengamati kemerahan, pembengkakan, lepuh, kehangatan dan kemudian tanda-tanda mual, muntah, nyeri otot dan tekanan darah rendah," lanjutnya. "Jika kita mulai melihat itu, kita memberikan antivenom."

Langkah selanjutnya adalah tetap tenang untuk memperlambat racun dari bisa ular tersebut. Hampir tiga juta orang di seluruh dunia yang diracuni oleh bisa ular setiap tahunnya karena gigitan biasa. Hanya sebagian kecil dari insiden tersebut yang berakhir fatal, namun tahukah Anda bisa ular dapat memicu keadaan darurat medis serius yang terjadi dalam beberapa jam saja.

Racun dari reptil itu dapat menyebabkan kegagalan organ, perdarahan yang tidak terkendali, kerusakan jaringan yang parah dan kelumpuhan yang dapat membatasi pernapasan, menurut WHO.

Baca Lainnya : Aktivis Lingkungan Ini Selamatkan 1300 Ekor Ular dalam 5 Tahun

"Sebelum pasien mencapai fasilitas medis, luka harus tetap bersih dan anggota tubuh yang terkena harus diangkat untuk mengurangi efek racun," kata Kman. 

Ia juga merekomendasikan digunakannya alat pendeteksi detak jantung jika memiliki.

Sementara itu, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), apabila tetap tenang setelah digigit maka akan dapat membantu memperlambat penyebaran racun.

Kman melanjutkan, prosedur yang sering dipertontonkan oleh film dan tayangan televisi barat seperti menyedot racun atau memotong bagian luka, adalah langkah yang sama sekali salah.

"Setelah gigitan, racun dapat membanjiri jaringan tubuh dan hal itu tidak mungkin dihilangkan melalui penyedotan. Memotong (bagian luka) tidak berguna untuk ekstraksi racun dan dapat mengakibatkan cedera serius," tuturnya.

Baca Lainnya : Katak Mirip Ular, Racunnya Mampu Bunuh 150 Ekor Tikus Sekaligus

"Venom (racun) akan diserap ke dalam tubuh segera, sehingga semua yang Anda akan lakukan hanya menyebabkan lebih banyak trauma."

Dr. Dan Brooks, direktur medis Pusat Informasi Racun dan Obat-Obatan Banner di Phoenix, Arizona memperingatkan, jika digigit ular yang berasal dari Amerika Utara jangan menggunakan tourniquet --alat yang digunakan untuk memberikan tekanan dengan tujuan membatasi aliran tertentu. 

"Kebanyakan ular di Amerika Utara menghasilkan sejenis racun yang menyebabkan perdarahan berlebih dan dapat menyebabkan nekrosis jaringan dan otot, sehingga setiap tindakan yang membatasi sirkulasi akan memperburuk kerusakan," kata Brooks.

Menurutnya, menggunkan tourniquet justru dapat meningkatkan cedera lokal, dan orang-orang dapat kehilangan jari tangan atau kaki atau bahkan membutuhkan cangkok kulit," kata Brooks. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 04 Juni 2019 - 11:44

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: