Mudik Terganggu Mabuk di Perjalanan? Ternyata Ini Penyebabnya

TrubusLife
Astri Sofyanti
03 Juni 2019   12:00 WIB

Komentar
Mudik Terganggu Mabuk di Perjalanan? Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi anak yang mabuk perjalanan. (Istimewa)

Trubus.id -- Mabuk ketika di perjalanan pasti pernah dialami banyak orang. Seseorang biasanya mabuk ketika berpergian menggunakan mobil, pesawat ataupun kapal. Jika seseorang mengalami hal ini, ia akan merasakan lemas di tubuhnya, mual ingin muntah dan pusing tanpa sebab. Masalah ini tak hanya dialami oleh anak-anak saja, tapi juga orang dewasa.

Lalu apa penyebab seseorang mabuk ketika di perjalanan?

Dr. Edwin Chng, Medical Director di Parkway Shenton, Singapura mengungkapkan, bercampurnya signal yang diterima oleh otak dan apa yang kamu lihat merupakan penyebab terjadinya mabuk perjalanan ini. Dirinya memberikan contoh bermain smartphone di dalam mobil bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mual dalam perjalanan.

Baca Lainnya : Penyakit ISPA Ancaman Terbesar Saat Mudik Lebaran

"Kamu merasa seperti tengah bergerak namun mata memberi sinyal ke otak bahwa kamu tidak ke mana-mana karena smartphone-mu tampak tak bergerak. Konflik sinyal yang terjadi ini merupakan hasil dari gejala mabuk perjalanan," jelas Dr Chng mengutip Channels News Asia, Senin (3/6).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa ketika seseorang melihat ke luar jendela ketika di perjalanan, orang pasti cenderung tertarik melihat pemandangan yang bergerak. Ternyata kondisi ini membuat sinyal dari telinga dan mata berjalan seiring, sehingga tidak ada gejala mabuk perjalanan yang dialami.

Lalu mengapa kamu bisa lebih rentan mengalami mabuk perjalanan dibanding orang lain? Selain karena pikiran, salah satu hal yang disebut Dr. Chng bisa jadi penyebab hal ini adalah genetik.

"Sejumlah varian genetik tertentu telah dihubungkan dengan meningkatnya kemungkinan mengalami mabuk perjalanan," ucap Chng.

Baca Lainnya : Mudik Libur Lebaran Bawa Si Kecil, Simak Cara Membawa MPASI yang Benar

Tapi diakuinya, ada hal lain yang bisa menyebabkan seseorang lebih rentan mabuk ketika di perjalanan. Chng mengakui bahwa sebagian orang cenderung lebih sensitif terhadap gerakan dibanding yang lain.

Sementara itu, Timothy Hain, profesor di Northwestern University mengungkapkan bahwa hormon bisa jadi biang keladi dari terjadinya mabuk perjalanan ini. Menurutnya, wanita lebih rentan karena mereka cenderung lebih banyak mengalami perubahan hormon seperti hamil, menstruasi, atau menggunakan obat kontrasepsi sehingga lebih rentan mengalami mabuk perjalanan.

Hal lain yang harus menjadi perhatian adalah jika kamu memiliki migrain. Seseorang yang lebih sering sakit kepala dan migrain, disebut Dr. Chng lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. [RN]

  4


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: