Ingin Turunkan Berat Badan Usai Lebaran, Begini Caranya

TrubusLife
Astri Sofyanti
02 Juni 2019   09:00 WIB

Komentar
Ingin Turunkan Berat Badan Usai Lebaran, Begini Caranya

Ilustrasi menurunkan berat badan (Istimewa)

Trubus.id -- Selama berpuasa, umumnya berat badan seseorang akan cenderung meningkat. Hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat Indonesia mengonsumsi gorengan dan minuman manis ketika berbuka puasa. Tak berhenti sampai di situ, Hari Raya Idul Fitri juga akan membuat kamu mengonsumsi makan-makanan berlemak menjadi lebih banyak dari biasanya.

Usai menjalankan puasa, kebanyakan orang akan mengonsumsi berbagai menu makanan di Hari Raya Lebaran. Betapa tidak, berbagai hidangan khas Idul Fitri tersedia di atas meja sangat sulit untuk ditolak. Kondisi ini yang mengakibatkan berat badan sehabis puasa juga akan bertambah.

Tapi kamu tak perlu khawatir, setelah Lebaran kamu bisa kok mengembalikan berat badan kamu seperti semula atau sama seperti sebelum puasa.

Baca Lainnya : Mudik Libur Lebaran Bawa Si Kecil, Simak Cara Membawa MPASI yang Benar

Jika kita ingin menurunkan berat badan usai puasa, salah seorang konsultan nutrisi Jansen Ongko memberikan tipsnya. Ia mengatakan target angka yang dibidik tidak boleh terlalu drastis.

"Idealnya, dalam sebulan menurunkan atau menaikkan sebanyak 3-5 persen dari berat tubuh," kata Jansen di Jakarta, mengutip Antaranews, Sabtu (1/6)

Justru kamu harus waspada bila berat badan dalam sebulan berkurang terlalu banyak. Ada efek samping yang tidak diinginkan, yakni rasa lapar yang luar biasa membuat berat justru bisa kembali lagi atau bahkan melonjak dari sebelumnya.

Baca Lainnya : 5 Makanan Penetralisir Hidangan Selama Lebaran

"Kulit juga bisa lembek dan ada stretchmark kalau naik atau turun terlalu cepat," ucapya kembali.

Jansen mengingatkan bahwa diet yang terbaik adalah gaya hidup yang baik, pola makan penuh nutrisi serta olahraga teratur.

"Mendapatkan berat badan yang ideal diperoleh bukan karena suplemen tapi dengan mengatur pola makan," pungkas Jansen. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: