7 Bekal Sehat untuk Menemani Perjalanan Mudik

TrubusLife
Astri Sofyanti
02 Juni 2019   08:00 WIB

Komentar
7 Bekal Sehat untuk Menemani Perjalanan Mudik

Ilustrasi buah potong (Istimewa)

Trubus.id -- Saat perjalanan mudik pasti akan membuat kamu merasa bosan. Terlebih jika kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi ataupun naik bus. Padatnya lalu lintas di jalur mudik akan membuat perjalanan terasa panjang menuju kampung halaman. Karena itulah tubuh kamu butuh asupan yang bernutrisi.

Tapi yang menjadi maslaah, kebanyakan orang akan membawa bekal berupa makanan ringan yang justru mengandung gula dan juga kalori tinggi. Nah jika kamu ingin tetap fit selama diperjalanan dan sampai tempat tujuan sebaikya kamu hindari makanan dengan kalori tinggi deh.

Mengutip CNNIndonesia, salah seorang ahli gizi, dr. Juwalita Surapsasi membagikan tips camilan sehat yang untuk menemani perjalanan mudikmu.

1. Buah potong

Buah potong menjadi bekal sehat yang tak berisiko menambah berat badan. Buah seperti apel, melon, semangka, stroberi, atau jeruk banyak mengandung serat.

Asupan buah yang kaya kandungan air juga bisa mencegah serangan dehidrasi pada pemudik. Dehidrasi bisa mengganggu perjalanan mudik. Kekurangan air membuat tubuh lemas, pusing, hingga penurunan kesadaran yang bisa membahayakan keselamatan.

Baca Lainnya : Makan 3 Buah Kurma Tiap Hari dalam Seminggu, Ini Khasiatnya!

2. Kacang-kacangan

Kandungan serat dan protein pada kacang membuat perut kenyang lebih lama. Mengutip Halo Sehat, kandungan serat pada kacang bisa menetralisir gula darah yang baik bagi pemudik dengan diabetes. Beberapa kacang yang bisa kamu bawa di antaranya almond, kenari, ataupun mete.

3. Jagung rebus

Pemudik juga disarankan membawa sayuran. Jika memungkinkan, sayuran dibawa dalam keadaan segar dan dinikmati sebagai salad.

Tapi jika tidak memungkinkan, sayuran bisa dibawa dalam kondisi matang setelah direbus seperti jagung. Sayuran jenis ini mengandung karbohidrat yang membuat perut kenyang. Camilan ini termasuk ideal untuk bekal lantaran kalori yang tidak terlalu tinggi sekitar 59 kalori.

4. Susu low fat

Abaikan teh atau kopi sebagai minuman saat perjalanan mudik. Kedua minuman ini memicu dehidrasi karena sifat diuretik yang dimiliki keduanya. Pilih minuman yang lebih sehat seperti jus buah, air putih, atau susu.

Juwalita menyarankan kamu untuk memilih susu rendah kalori seperti susu skim dan rendah lemak. Kandungan nutrisi dalam susu dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Baca Lainnya : 4 Manfaat Kesehatan Sarapan Buah yang Bakal Kamu Peroleh di Pagi Hari

5. Sandwich

Roti isi alias sandwich merupakan menjadi bekal yang bisa kamu kamu kreasikan sendiri. Dalam setangkup roti, kebutuhan gizi pun bisa terpenuhi. Isi roti dengan sayuran seperti tomat, selada, dan buah zaitun, juga sumber protein seperti fillet ayam atau telur.

6. Energy bar atau granola bar

Tak ada salahnya membawa bekal makanan kemasan. Pada makanan kemasan, kamu bisa mengecek kadar kalori yang ada di dalamnya. Kamu bisa membawa bekal berupa granola bar dengan kandungan gula yang rendah dan tinggi serat.

Baca Lainnya : Konsumsi Jus Buah, Perempuan Ini Alami Kerusakan Otak

7. Biskuit gandum

Kamu tak harus melulu mengonsumsi camilan yang mengandung karbohidrat sederhana. Meski mudah dicerna tubuh, namun karbohidrat satu ini cepat menaikkan sekaligus menurunkan kadar gula darah. Hal itu membuat tubuh terasa lemas dan lapar.

Konsumsi karbohidrat komplek yang memerlukan waktu lama untuk dicerna. Perut dapat merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari makan berlebih. Kamu bisa membawa bekal karbohidrat kompleks seperti biskuit gandum.

Gimana tertaik mencobanya? Selamat Mudik dan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Tips Penyembuhan Indera Penciuman Usai Terpapar Covid-19

Health & Beauty   21 Des 2020 - 17:12 WIB
Bagikan: