Mudik Libur Lebaran Bawa Si Kecil, Simak Cara Membawa MPASI yang Benar

TrubusLife
Astri Sofyanti
31 Mei 2019   14:00 WIB

Komentar
Mudik Libur Lebaran Bawa Si Kecil, Simak Cara Membawa MPASI yang Benar

Makanan Pendamping ASI (MPASI) (Istimewa)

Trubus.id -- Trubus Mania jika melakukan mudik libur lebaran dengan membawa di kecil dibawah usia satu tahun maka harus diperhatikan beberapa persiapan Makan Pendamping ASI (MPASI). Menu makanan untuknya tidak hanya dibutuhkan selama diperjalanan saja, namun juga untuk berpergian ke tempat wisata.

Terlebih ketika kamu mudik dengan menggunakan kendaraan roda empat. Padatnya mudik jalur darat akan membuat perjalanan ke kampung halaman menjadi lebih lama dari biasanya. Tentunya, mudik membawa si kecil memiliki tantangan dan risiko tersendiri.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, dr. Frieda Handayani SpA(K), memberikan sejumlah tips membawa bayi ketika mudik tapi tetap menjaga ketahanan makanan yang akan dibawanya.

Baca Lainnya : Ibu Hamil Boleh Mudik, Asal?

Dijelaskan dr. Frieda, pada saat perjalanan mudik, orangtua perlu lebih berhati-hati dalam menjaga ketahanan masing-masing bahan makanan.

“Misalkan di suhu kulkas, MPASI yang mengandung daging, telur atau ikan sebaiknya dikonsumsi dalam 24 jam. Sementara MPASI mengandung sayur dikonsumsi dalam 48 jam,” terang dr. Frieda, di Jakarta baru-baru ini.

Selain itu, dokter spesialis anak ini juga menyarankan orangtua untuk memisahkan bahan pangan beserta alat makan yang telah digunakan agar menjamin kualitas MPASI yang dibawa lebih terjamin kehigienisannya.

Untuk itu, dirinya mengimbau perlu memisahkan bahan pangan termasuk dengan alat makan yang sudah digunakan, dan menjaga suhu pangan (cooler box atau plastik tahan panas). Jika diperlukan, orangtua dapat mempertimbangkan alternatif nutrisi fortifikasi yang komersial selama mudik Lebaran.

Baca Lainnya : Perjalanan Pulang Mudik, Pengendara Jangan Minum Soda, Ini Alasannya

Ketika harus menyiapkan perbekalan MPASI, banyak orangtua yang telanjur berpikir skeptis akan kerepotan yang menyertainya. Saat bepergian, anak tidak harus makan berat seperti nasi. Potongan buah, sayur, atau biskuit susu juga bisa mengenyangkan anak dan memberikan gizi yang cukup untuknya di samping ASI.

Tapi yang perlu Trubus Mania ketahui, jangan memberikan makanan pada anak saat kendaraan berjalan karena bisa memicu mabuk darat pada anak. Sebaiknya, lakukan saat mobil sedang menepi atau saat kemacetan panjang. Bila memilih melakukan perjalanan udara, orangtua bisa memberikan makanan kecil seperti biskuit, buah, atau sayur yang telah dikukus. Hindari memberikan makanan yang membuatnya terlalu kenyang karena mudah memicu rasa mual dan mabuk udara. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Penangkapan Ikan Besar-besaran Ganggu Rantai Makanan di Laut Bohai

Plant & Nature   14 Nov 2019 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: