Hindari Terlalu Sering Atau Jarang Mandi, Ini Akibatnya!

TrubusLife
Thomas Aquinus
28 Mei 2019   21:00 WIB

Komentar
Hindari Terlalu Sering Atau Jarang Mandi, Ini Akibatnya!

Ilustrasi (hammacher)

Trubus.id -- Untuk kalian yang terlalu sering mandi dan yang jarang mandi akan sama-sama memilki efek yang kurang baik. Membersihkan tubuh dari kotoran menggunakan air dan sabun itu seharusnya tidak kurang dan tidak berlebihan yang menjadi kebutuhan yang rutin setiap harinya.

Oleh karena itu, jumlah frekuensi saat mandi yang disarankan bisa berbeda-beda di tiap lokasi kamu berada. Terlalu sering mandi dengan sabun juga bisa mengikis minyak alami dipermukaan kulit. Minyak tersebut justru bermanfaat melindungi sel kulit karena dapat menjaga kulit tetap lembab. 

Sebuah penelitian meyakini, rata-rata orang mandi terlalu sering daripada seharusnya. Namun, tidak ada angka pasti berapa kali jumlah mandi yang sesuai. Semua tergantung pada gaya hidup dan kondisi geografis tempat tinggalnya. 

Baca Lainnya : Penelitian Terbaru Ungkap, 90 Persen Handuk Kamar Mandi Terkontaminasi Bakteri

Selain tidak dianjurkan mandi terlalu sering. sebaiknya durasi mandi juga tidak terlalu lama dan tidak menggunakan air yang terlalu panas. Karenanya kulit menjadi rentan terpapar bakteri dan virus. Kondisi tersebut juga memicu gatal-gatal, kulit kering, bersisik dan penyakit ekrim.

Menggunakan sabun pada tubuh secara berlebihan pun tidak sehat. Gosokan dari sabun yang terlalu banyak bisa menghancurkan sebum sehingga flora kulit menjadi tidak seimbang. Sejumlah studi juga mengaitkan dengan alergi, asma, penyakit autoimun, serta diabetes. 

Tak hanya mandi saja, mencuci tangan dengan air dan sabun pun penting guna menghindari penyakit, dikutip Timesnownews

Jadi, seberapa sering mandi dianjurkan? seperti yang telah dijelaskan tidak ada jawaban pasti mengenai hal tersebut. Karena mandi bisa disesuaikan dengan kondisi, saat tubuh terasa kotor dan berkeringat atau dalam kondisi rentan terhadap bau badan. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Tips Penyembuhan Indera Penciuman Usai Terpapar Covid-19

Health & Beauty   21 Des 2020 - 17:12 WIB
Bagikan: