Tetrapod Hotel, Penginapan Bintang Lima untuk Manjakan Reptil Kesayangan Anda

TrubusLife
Syahroni
25 Mei 2019   20:00 WIB

Komentar
Tetrapod Hotel, Penginapan Bintang Lima untuk Manjakan Reptil Kesayangan Anda

Tetrapod Showroom dan Hotel Reptil (Trubus.id/ Dedi Ramadhan)

Trubus.id -- Menjadikan reptil sebagai hewan peliharaan saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tak hanya kaum pria, banyak juga kaum wanita yang sudah jatuh hati dengan hewan jenis ini.

Namun sama halnya dengan hewan peliharaan dari jenis lainnya, dibutuhkan tanggung jawab besar untuk memelihara mereka. Perawatan yang baik setiap harinya harus diberikan. Termasuk saat musim liburan tiba. 

Yah, meski hewan reptil dikenal sanggup bertahan hidup hingga beberapa hari tanpa makanan, jika sudah jadi hewan peliharaan mereka butuh perawatan maksimal dan tidak bisa ditinggal berlibur begitu saja tanpa pengawasan. 

Mereka butuh dijemur untuk menyerap sinar matahari yang bisa membantu mereka mencerna makanan. Mereka juga butuh direndam untuk memenuhi kebutuhan air mereka. Dan terakhir mereka juga butuh makanan yang layak agar kesehatan mereka terjaga.

Sayangnya, belum ada tempat penitipan hewan atau petshop yang mau menerima reptil sebagai tamunya. Biasanya mereka hanya menerima hewan peliharaan domestik seperti anjing dan kucing saja. Wajar saja, reptil memang butuh perlakuan berbeda dari hewan peliharaan domestik lainnya. 

Untuk memenuhi segala kebutuhan itu, Surya muncul dengan sebuah ide baru. Pemilik Tetrapod showroom reptil di kawasan Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat itu kemudian mengembangkan usaha jual beli reptilnya dengan membangun hotel reptil sejak 3 tahun silam.

Yah, hotel reptil ini memang dikhususkan untuk merawat reptil peliharaan selama pemiliknya tidak bisa mengurus mereka dikarenakan urusan pekerjaan ataupun liburan. Berbagai jenis reptil bisa menginap dengan fasilitas mewah di hotel reptil miliknya ini. Mulai dari ular, kura-kura air atau darat, hingga beraneka ragam jenis kadal. 

"Ide awalnya untuk memberi layanan pada pelanggan Tertrapod. Lalu berkembang jadi Hotel Reptil seperti sekarang ini," terang Surya kepada Trubus.id belum lama ini. 

Untuk menyambut libur lebaran tahun ini, Tetrapod Showroom dan Reptil Hotel sendiri telah menyiapkan sekitar 50 box kandang yang bisa menampung sekitar 300 reptil dari berbagai jenis. 

Setiap box akan diisi oleh 1 pelanggan agar hewan peliharaan mereka tidak tertukar. 

"Biasanya pemilik enggak mau kura-kuranya dicampur. Nah makanya dibikin 1 box 1 pemilik," terang Surya lagi.

Semua kamar atau box kandang yang ditawarkan dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah untuk reptil seperti lampu UVA dan UVB sebagai penghangat dan pengganti sinar matahari. Suhu ruangan juga diatur sesuai dengan kebutuhan para tamu yang menginap. Tak hanya itu, soal kebersihan juga jadi perhatian serius di hotel ini.

Untuk alas kandang, Tertrapod menggunakan coco husk berkualitas yang tidak berbahaya jika termakan tortoise atau kura-kura darat kesayangan anda. Selain itu, Coco husk ini secara berkala akan terus diganti agar kesehatan peliharaan berdarah dingin anda terjamin.

Untuk tarif menginap di hotel Reptil ini juga terbilang cukup terjangkau. Tetrapod mematok harga untuk kura-kura (darat/ air) berukuran kurang dari 15 cm dengan harga Rp25 ribu per hari. Kura-kura berukuran 16 - 30 cm dengan harga Rp35 ribu per hari. Dan kura-kura berukuran di atas 31 cm dengan tarif Rp50 ribu per hari.

Untuk jenis tokek leopard gecko, tarif yang dikenakan Rp10 ribu perhari. Sementara untuk jenis kadal-kadalan berukuran 0-60cm diberi tarif Rp25 ribu perhari. Ukuran 61-100 cm, tarifnya Rp40 ribu per hari. 

Untuk ular berukuran panjang kurang dari 1 meter tarifnya Rp25 ribu perhari. Sementara ular berukuran di atas 1 meter tarifnya Rp40 ribu per hari. 

Selain reptil, beberapa jenis mamalia juga bisa menginap di hotel ini. Contohnya sugar glider, anjing kecil, kucing dan kelinci. Namun khusus untuk mamalia, pemilik harus membawa kandang dan makanan sendiri serta umur minimal sudah 6 bulan dan sudah vaksin lengkap. Khusus untuk hewan yang dibeli di tetrapod, Surya menggratiskan penginapannya selama 1 minggu dalam 1 tahun kepada mereka.

Hingga saat ini, Tetrapod Hotel Reptil hanya melayani hewan yang diantar dan dijemput langsung ke lokasi. Untuk itu, bisa disediakan kurir khusus dari tetrapod dengan biaya disesuaikan dengan lokasi calon tamu.

Syarat lain yang harus dipenuhi pemilik hewan adalah hewan dalam keadaan sehat. Jika syarat tersebut terpenuhi, semua hewan akan diurus selayaknya milik tetrapod sendiri dengan standar rendam jemur setiap hari, makan 1-2 kali sehari, lampu 12 jam setiap hari. Layanan itu tentunya di luar instruksi khusus dari pemilik yang ingin kesayangannnya mendapat special treatment.

Bagaimana, tertarik memanjakan reptil kamu di Tetrapod Showroom dan Reptil Hotel? 

 

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: