Ibu Hamil Boleh Mudik, Asal?

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
24 Mei 2019   19:00

Komentar
Ibu Hamil Boleh Mudik, Asal?

Ibu hamil (Shutterstock/ChameleonsEye)

Trubus.id -- Mudik ke kampung halaman menjadi tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika momen Lebaran tiba? Banyak orang rela melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman hanya untuk merayakan Lebaran bersama keluarga besar di kampung. Tapi apakah mudik dan melakukan perjalanan jauh aman bagi ibu hamil?

Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengungkapkan tak ada larangan bagi perempuan yang tengah hamil untuk melakukan perjalanan mudik.

“Sebenarnya tidak ada larangan untuk perempuan hamil untuk mudik, tapi juga harus memperhatikan kondisi tubuhnya,” kata Bambang saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/5).

Baca Lainnya : Waspada! Diare Hingga ISPA Rentan Menyerang Pemudik

Diakui Bambang, sebenarnya yang mengetahui kondisi adalah diri sendiri. Bambang mengatakan, kehamilan yang tidak ada keluhan sah-sah saja jika ingin melakukan perjalanan mudik. “Tapi kalau masa kehamilan terjadi flek sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mudik,” ucapnya.

Jika ibu hamil memaksakan diri untuk mudik, dan mengalami kontraksi hal ini dikatakan Bambang terjadi ibu hamil setres, sehingga jangan memaksakan untuk mudik.

Lebih lanjut Bambang menegaskan, khusus untuk perempuan hamil pada trismester pertama, yang kondisinya lemah sebaiknya jangan melakukan perjalanan jauh, karena dampaknya bisa berbahaya bagi kandungan.

Baca Lainnya : Ini Dia Tips Agar Tetap Fit Selama Mudik

Bambang juga menyarankan ibu hamil yang sudah memasuki usia kandungan tua juga disarankan untuk tidak menjalani tradisi mudik.

“Jadi sebelum pergi mudik, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan selama diperjalanan. Pada intinya ibu hamil jangan memaksakan diri,” tutup Bambang. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 25 Mei 2019 - 13:48

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: