Waspada! Diare Hingga ISPA Rentan Menyerang Pemudik

TrubusLife
Astri Sofyanti
24 Mei 2019   13:30 WIB

Komentar
Waspada! Diare Hingga ISPA Rentan Menyerang Pemudik

Ilustrasi Mudik (Istimewa)

Trubus.id -- Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengungkapkan, sejumlah penyakit yang kerap muncul dan menyerang pemudik meliputi diare dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Bambang menjelaskan, pemudik yang sembarangan membeli makanan di perjalanan bisa memicu diare. Diare sendiri biasanya disebabkan karena seseorang mengonsumsi makanan yang kurang higienis atau makanan yang dikonsumsi sudah tidak segar.

“Ketika seseorang membeli makanan di pinggir jalan, kita kan tidak tahu apakah makanan itu bersih atau tidak, terkontaminasi atau tidak,” kata Bambang saat ditemui Trubus.id di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/5).

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Dinas Kesehatan akan meningkatkan pemeriksaan serta memperbaiki mutu layanan para penyedia makanan di jalur mudik.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyawati mengatakan, hal tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 113 Tahun 2017 yang mengatur tentang Penyelenggaraan Keamanan Pangan Terpadu yang juga membantu proses ini.

Baca Lainnya : Perjalanan Pulang Mudik, Pengendara Jangan Minum Soda, Ini Alasannya

“Ini juga menjadi tugas dinas kesehatan daerah khususnya di jalur mudik. Bianya dilakukan pemeriksaan kepada penjual makanan di sekitar posko-posko dan juga tempat peristirahatan pemudik,” ujar Widyawati menjelaskan.

Widyawati mengatakan, pemeriksaan makanan memastikan agar makanan yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya seperti formalin ataupun boraks.

Dalam pemeriksaan tersebut, Widyawati menuturkan dinas kesehatan terkait akan bertanya ke penjual, makanan yang dijual apakah dibuat sendiri atau disuplai.

Guna menjaga kesehatan selama perjalanan mudik ke kampung halaman, Kementerian Kesehatan juga mengimbau pemudik untuk selalu menjaga kebersihan dan prilaku hidup sehat.

Baca Lainnya : Konsumsi 7 Buah Ini untuk Cegah Dehidrasi Selama Perjalanan Mudik

“Sebelum makanan usahakan mencuci tangan terlebih dahulu, mencuci tangan yang dianjurkan WHO menggunakan air yang mengalir, usahakan sabun yang digunakan sabun cair, gosok pergelangan secara bersih,” jelas Bambang.

Bambang menambahkan, mencuci tangan menggunakan sabun batangan yang kondisinya basah, justru menjadi sarang kuman, jadi dirinya menyarankan masyarakat untuk mencuci tangan menggunakan sabun cair sebelum dan sesudah makan. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: