Di Hotel Khusus Kelinci Ini, Sahabat Berbulu Kamu Dimanjakan Layaknya Raja dan Ratu

TrubusLife
Syahroni
23 Mei 2019   21:05 WIB

Komentar
Di Hotel Khusus Kelinci Ini, Sahabat Berbulu Kamu Dimanjakan Layaknya Raja dan Ratu

Sugita, pemilik Rabbitholic Petshop dan Hotel. (Trubus.id/ Dedi Ramadhan)

Trubus.id -- Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Namun ada kalanya, hewan peliharaan ini juga membawa sedikit persoalan. Apalagi jika waktu liburan telah tiba. Yah, di saat-saat seperti ini mereka harus berpisah dengan hewan kesayangan mereka jika ingin menikmati liburan bersama seluruh anggota keluarga.

Untuk itu, agar hewan kesayangan mendapat perawatan maksimal saat ditinggal berlibur, sebagian orang menitipkan hewan peliharaannya di tempat penitipan hewan. 

Nah, untuk pemilik hewan domestik seperti kucing dan anjing, masalah mungkin berakhir ketika mereka menemukan petshop yang membuka layanan penitipan hewan umum. Namun apa jadinya jika hewan peliharaan yang akan dititipkan ternyata tidak bisa bersanding dengan anjing dan kucing?

Salah satu contohnya adalah kelinci. Untuk para pecinta kelinci, menitipkan kelinci kesayangan mereka di tempat penitipan hewan biasa adalah hal yang pantang dilakukan. Ini terjadi karena kelinci bisa stres karena terganggu suara bising gonggongan anjing. 

Kondisi yang paling fatal bisa terjadi jika hal itu tetap dilakukan adalah kelinci kesayangan mereka mogok makan yang akhirnya berujung pada kematian. Hal ini tentunya sangat dihindari para pecinta kelinci bukan. 

Karena hal itu juga, Sugita Yohanes Hermanto muncul dengan sebuah ide baru. Di Rabbitholic Petshop dan Hotel Kelinci miliknya di kawasan Gading Serpong, Tangerang Selatan, ia membuka jasa hotel khusus kelinci.

"Ide awalnya karena tidak semua petshop yang melayani penitipan hewan mau menerima kelinci. Dan pemilik kelinci juga tidak mau menitipkan kelinci peliharaannya ke petshop atau penitipan hewan yang ada anjingnya. Karena bising. Kelinci bisa stres yang bisa berujung pada kematian," terang Sugita kepada Trubus.id belum lama ini.

Pria yang sudah cukup lama malang melintang di dunia kontes kelinci ini juga mengakui, belum ada penitipan hewan khusus kelinci selama ini. Karena itu, sejak tahun lalu, ia menyulap 1 lantai di petshop miliknya untuk dijadikan hotel khusus kelinci dan hewan pengerat lain seperti hamster, guinea pig (marmut), serta hamster.

Jelang libur lebaran tahun ini saja, Rabbitholic sudah menyiapkan 40 kandang berukuran medium untuk menampung kelinci dan marmut yang akan menginap di hotel mereka. Jumlah ini belum ditambah beberapa kandang kecil untuk menampung hamster milik pelanggan mereka.

Antusias pelanggan yang ingin menitipkan kelinci mereka di hotel inipun cukup tinggi. Terbukti, hingga minggu ke dua Ramadan, sudah 16 kandang kelinci dipesan pelanggan. Sementara untuk guinea pig, sudah ada 6 kandang yang dipesan.

Untuk harga yang dipatok di Rabbitholic hotel ini juga cukup terjangkau. Seekor kelinci dan guinea pig yang ingin menginap di hotel ini hanya dikenakan tarif Rp35 ribu per hari. Dan untuk hamster, tarifnya hanya Rp10 ribu per hari.

Meski cukup terjangkau, Rabbitholic hotel tetap menjadikan pelayanan sebagai salah satu hal yang diutamakan. Berbagai fasilitas penunjang kenyamanan kelinci menjadi perhatian utama. Salah satunya terkait pendingin udara yang selalu menyala sepanjang waktu. 

"Kelinci, khususnya yang berbulu tebal kan harus ada di ruangan sejuk. Karena itu AC selalu dinyalakan 24 jam nonstop agar kelinci tetap sehat." terang Sugita.

Selain itu, kebersihan kandang juga tak luput dari perhatian. Setiap beberapa waktu, kandang dibersihkan agar kelinci yang dititipkan terhindar dari penyakit. Sementara terkait pakan, hey dan pelet berkualitas jadi andalan. Namun demikian, Rabbitholic hotel tetap mempersilahkan pelanggan membawa pakan sendiri jika kelinci yang dititipkan tidak cocok dengan pelet yang tersedia di hotel tersebut.

Terkait masalah kesehatan, pemilik yang ingin menginapkan kelincinya di Rabbitholic Hotel tentunya tak perlu khawatir juga. Sugita yang sudah cukup berpengalaman memelihara kelinci selalu menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan jika kelinci yang dititipkan tiba-tiba sakit. 

Namun untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi, Rabbitholic hotel juga memiliki syarat yang harus dipenuhi pemilik sebelum menginapkan kelinci kesayangan mereka di sana. 

"Yang utama kelinci harus sehat saat dititipkan tentunya," terang Sugita.

Bagaimana Trubus Mania, tertarik menitipkan kelinci kesayangan kamu di Rabbitholic?

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: