Tanaman Sorgun Bisa Tumbuh Subur, Ini Rahasianya...

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
23 Mei 2019   20:30

Komentar
Tanaman Sorgun Bisa Tumbuh Subur, Ini Rahasianya...

Tanaman sorgum. (YouTube)

Trubus.id -- Pemeliharaan tanaman sorgum berperan penting agar kualitas hasil panen yang optimal. Nah, salah satu caranya dengan mencegah dan mengatasi hama penyakit sorgum. Tumbuhan pengganggu atau gulma yang tumbuh di sekitar sorgum perlu dibersihkan sampai ke akarnya.

Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu perakaran tanaman sorgum. Bagaimana pun, tanaman pengganggu akan menjadi pesaing utama untuk tanaman sorgum karena mengambil air dan unsur hara dari dalam tanah.

Baca Lainnya : Meniran, Tanaman Liar dengan Banyak Khasiat untuk Tubuh

Bahkan, tanaman pengganggu bisa memicu adanya hama atau penyakit. Maka dari itu, penyiangan harus rutin dilakukan. Tanaman pengganggu yang sudah dibersihkan dapat dimanfaatkan sebagai kompos.

Hama yang umumnya menyerang tanaman sorgum adalah lalat bibit dan ulat daun. Sementara itu, penyakit yang menyerang tanaman sorgum bercak daun. Penyakit yang menyebabkan busuk merah pada batang sorgum, di mana jaringan bagian dalam, akan berair dan berubah warnanya.

Baca Lainnya : Genjer, Tanaman Gulma yang Mampu Menambah Nafsu Makan

Ada juga penyakit blight. Penyakit yang menyerang sorgum pada kondisi lembap. Semua hama dan penyakit tersebut dapat diantisipasi dengan melakukan penanaman pada waktu tanam serempak serta menanam kultivar yang memiliki kemampuan memulihkan luka setelah diserang.

Selain itu, penggunaan insektisida juga dapat dilakukan dengan jenis dan dosis yang dianjurkan. [DF]


 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 24 Mei 2019 - 05:29

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: