Konsentrasi Karbon Dioksida di Atmosfer Bumi Capai Tingkat Tak Terlihat Selama 3 Juta Tahun

TrubusLife
Diah Fauziah
22 Mei 2019   19:30 WIB

Komentar
Konsentrasi Karbon Dioksida di Atmosfer Bumi Capai Tingkat Tak Terlihat Selama 3 Juta Tahun

Ilustrasi. (Pixabay/ Ralf Vetterle)

Trubus.id -- Konsentrasi karbon dioksida di atmosfer Bumi telah mencapai tingkat yang tidak terlihat selama 3 juta tahun. Para ilmuwan di Observatorium Mauna Loa di Hawaii, Amerika Serikat, memberikan peringatan tentang dampak karbon dioksida terhadap manusia.

Pada Sabtu (18/5), level karbon dioksida mencapai 415 ppm. Berarti, karbon dioksida membentuk 415 dari 1 juta molekul gas diatmosfer. Kadar tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah. Peneliti mengatakan bahwa, rata-rata karbon dioksida setiap bulannya telah melampau level tersebut.

Baca Lainnya : Gawat, Arang Bekas Kebakaran Hutan Percepat Emisi Karbon Dioksida

"Karbon dioksida yang berada di ambang batas bisa menyebabkan peningkatan suhu global yang mendorong perubahan iklim," kata Ralp Kelling, direktur program Scripps di Observatorium Mauna Loa.

Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang disebabkan oleh aktivitas manusia termasuk pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi, pembuatan semen dan penggundulan hutan.

Beberapa tahun terakhir, konsentrasi karbon dioksida mengalami peningkatan sekitar 2,5 ppm. Namun, peningkatan karbon dioksida yang terjadi pada tahun 2018 hingga 2019 mencapai 3 ppm.

Baca Lainnya : Ini yang Terjadi pada Tumbuhan Akibat Tingginya Karbon Dioksida

"Terjadinya peningkatan kadar karbon dioksida karena penggunaan energi dan berbagai hal yang kita lakukan untuk planet ini," ujarnya, dikutip dari Time.

Konsentrasi karbon dioksida tinggi pernah terjadi pada zaman Pliociene, antara 5,3 hingga 2,6 juta tahun lalu. Sejak saat itu, Bumi telah berubah karena iklimnya jauh lebih hangat. [DF]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Manfaat Sehat Utama Pola Makan Vegan yang Wajib Kamu Ketahui

Health & Beauty   27 Jan 2020 - 01:08 WIB
Bagikan:          

Cara Mudah Membuat Oatmilk Sendiri di Rumah

Health & Beauty   27 Jan 2020 - 00:46 WIB
Bagikan: