Pteris Vittata, Tanaman yang Menyerap Racun Arsenik dari Tanah

TrubusLife
Diah Fauziah
20 Mei 2019   16:30 WIB

Komentar
Pteris Vittata, Tanaman yang Menyerap Racun Arsenik dari Tanah

Pteris vittata, tanaman yang bisa menyerap toksin dari tanah. (Agricultural Communication Photo/ Tom Campbell)

Trubus.id -- Pteris vittata, tanaman yang dikenal dengan the chinese ladder brake ferm memiliki kemampuan unik. Tanaman asli dari Asia, Eropa selatan, Afrika tropis dan Australia ini bisa menyerap sejumlah besar racun arsenik dari tanah dan menyimpan zat tersebut di dalam daunnya tanpa menimbulkan dampak negatif terhadap pertumbuhannya.

Ilmuwan dari Universitas Purdue di Indiana, Amerika Serikat, berhasil mengungkap misteri bagaimana Pteris vittata dapat menyerap racun arsenik dengan menganalisis mekanisme genetik dan seluler yang memengaruhi toleransi arseniknya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology.

Baca Lainnya : Meniran, Tanaman Liar dengan Banyak Khasiat untuk Tubuh

Sebuah penemuan dengan implikasi penting karena tanah dan air tanah yang terkontaminasi arsenik berpotensi menimbulkan risiko bagi ratusan juta orang di seluruh dunia.

"Penelitian mengungkapkan bahwa tanaman ini, ketika tumbuh di tanah yang terkontaminasi arsenik, bisa menghilangkan 50 persen racun berbahaya tersebut dalam lima tahun," kata Jody Banks, profesor botani dan patologi tanaman di Universitas Purdue, mengatakan kepada Newsweek.

Baca Lainnya : 7 Tanaman Cantik Ini Efeknya Positif Jika Ditanam dalam Ruangan

Diharapkan, penemuan ini dapat digunakan untuk merekayasa secara genetis tanaman lain untuk menyedot zat beracun dari tanah dengan lebih cepat dan efektif. Sehingga, memberikan solusi yang berpotensi mengurangi biaya dan waktu pembersihan arsenik.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: