Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
19 Mei 2019   23:00

Komentar
Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Ilustrasi sariawan (Istimewa)

Trubus.id -- Sariawan merupakan gangguan kesehatan yang bisa terjadi kapan saja. Sariawan bisa terjadi di bagian mulut mana pun, seperti gusi, lidah, dinding dan langit-langit mulut. Tapi, kebanyakan orang akan mengeluh sariawan saat menjalani puasa.

Sariawan yang terjadi saat seseorang menjalani puasa dipicu oleh kondisi mulut yang kosong dan tidak ada asupan cairan selama belasan jam. Kondisi yang membuat asam lambung naik, berdampak pada mulut dan membuat berkembangnya bakteri hingga mengakibatkan peradangan.

Baca Lainnya : Tinggalkan Albothyl, Ini Cara Usir Sariawan Secara Alami 

Biasanya, sariawan muncul ketika tubuh seseorang kekurangan vitamin B, C, zat besi dan berbagai nutrisi lain. Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh akan kekurangan asupan nutrisi karena tidak makan dalam waktu yang cukup lama.

Dalam kondisi normal, sekitar 200 bakteri ada di dalam mulut. Namun, saat berpuasa, jumlahnya akan bertambah banyak. Selain itu, kondisi mulut yang kurang bersih bisa menyebabkan peradangan di tenggorokan. Jadi, enggak usah heran kalau kalian mengalami radang tenggorokan saat berpuasa.

Nah, kalau kalian mau mencegah sariawan saat bepuasa, sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki kadar asam rendah saat berbuka puasa dan sahur. Misalnya oatmel, roti, sereal dan kacang-kacangan.

Baca Lainnya : Cara Mudah agar Gigi dan Mulut Tetap Sehat di Bulan Puasa

Selain itu, Trubus Mania harus mengonsumsi banyak buah-buahan. Pastikan jika buah-buahan tersebut tidak terlalu asam karena bisa memperburuk sariawan. Buah-buahan yang aman dikonsumsi misalnya melon, pisang dan kelapa. Dan, jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Hal lain yang penting ialah tidak lupa menyikat gigi minimal tiga kali sehari. Setelah sahur, saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Dikutip dari Boldsky, cara ini sangat bermanfaat untuk mengurangi penumpukan plak di gigi saat seseorang menjalani puasa. [DF]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 20 Mei 2019 - 11:47

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: