Meniran, Tanaman Liar dengan Banyak Khasiat untuk Tubuh

TrubusLife
Diah Fauziah
19 Mei 2019   08:00 WIB

Komentar
Meniran, Tanaman Liar dengan Banyak Khasiat untuk Tubuh

Daun meniran memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. (Istimewa)

Trubus.id -- Daun meniran merupakan tanaman semak biasa yang seringkali ditemui di lapangan atau pinggir jalan. Tidak heran jika keberadaannya seringkali diabaikan karena dianggap tanaman liar.

Padahal, tanaman ini memiliki banyak khasiat loh, Trubus Mania. Itu karena, daun meniran memiliki banyak kandungan senyawa antara lain alkoloid, damar, flavonoid kalium, lignan, saponin dan tanin.

Meniran yang biasa digunakan untuk pengobatan hanya ada dua, yakni meniran hijau dan meniran merah. Namun, meniran hijau atau yang bahasa ilmiahnya Phyllanthus niruri L, paling sering dipakai untuk pengobatan dibandingkan meniran merah atau Phyllanthus urinaria L.

Baca Lainnya : Jika Kamu Gelisah Saat Ini, Atasi dengan Tanaman Herbal Ini

Di beberapa wilayah, meniran memiliki sebutan berbeda. Misalnya di Sulawesi, meniran disebut sidukung anak atau di Maluku, tanaman ini terkenal sebagai gosau ma dungi. Di China, meniran disebut zheb chu cao atau ye xia xhu.

Meniran merupakan tanaman herbal yang tumbuh tegak, bercabang dan berwarna hijau. Batangnya bulat tidak bergetah. Daunnya bersirip dengan jumlah genap, di mana setiap tangkainya berukuran sekitar lima mm dengan lebar tiga mm.

Di bagian bawah daun terdapat bintik kemerahan. Bunganya berwarna putih kehijauan, melekat pada ketiak daun dan menghadap ke bawah. Meniran mempunyai bunga jantan dan betina yang berwarna putih. Bunga jantan terletak di bawah ketiak daun sementara bunga betina di atas ketiak daun.

Baca Lainnya : Genjer, Tanaman Gulma yang Mampu Menambah Nafsu Makan

Ekstrak daun meniran merupakan salah satu obat herbal, Seringkali dimanfaatkan sebagai obat anti radang dan penghambat pembusukan luka. Biasanya, daun meniran segar dipakai untuk mengobati batuk dan diaphoretik. Sedangkan buahnya dimanfaatkan sebagai karminatif, obat astrigent, diaphoretik dan liver.

Di Papua, daun meniran dipakai sebagai obat untuk gangguan ginjal dan malaria. Untuk menggunakannya, sangatlah mudah. Cukup dicuci hingga bersih dan kemudian rebus akar tanaman meniran dengan tiga gelas air dan biarkan hingga tersisa satu gelas. Nah, air rebusan tersebut diminum selagi hangat sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari. [DF]


 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: