Buka Puasa Jangan Kalap, Begini Cara Mencegahnya

TrubusLife
Astri Sofyanti
17 Mei 2019   17:00 WIB

Komentar
Buka Puasa Jangan Kalap, Begini Cara Mencegahnya

Berbuka puasa (Istimewa)

Trubus.id -- Ketika berbuka puasa selama belasan jam membuat makanan yang kamu lihat pasti begitu menggiurkan. Seolah-olah kamu merasa bisa melahap seluruh makanan yang ada di depanmu bukan?

Beragam jenis makanan pasti akan tersaji selama bulan Ramadan di rumah. Mulai dari teh manis, es buah, kolak, gorengan, lontong dan masih banyak lagi jenis takjil saat bulan Ramadan membuat kamu rentan kalap untuk mengonsumsi itu semua.

Perlu Trubus Mania ketahui, kalap ketika berbuka puasa justru akan mendatangkan dampak negatif pada tubuhmu loh. Mengonsumsi makanan secara berlebihan saat berpuasa justru akan memicu kelebihan gula darah dan juga akan terjadi masalah pencernaan.

Baca Lainnya : Jalani Diet Keto di Bulan Ramadan, Ikuti 5 Tips Ini Agar Tetap Sehat

Ahli gizi Prof. Herdiansyah, MS, PhD mengungkapkan, kalap saat berbuka puasa bisa mengakibatkan masalah ada lambung, masalah ini akan menimbulan gejala seperti radang di lambung. Peradangan inilah yang akan berpengaruh terhadap tekanan darah dalam tubuh.

Dirnya menambahkan berbuka puasa sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas, asam dan terlalu berlemak.

Diakui Herdiansyah, guna mencegah kalap ketika berbuka puasa, saat sahur sebaiknya seseorang mengonsumsi asupan yang tinggi serat. Ketika berpuasa, kamu bisa mengontrolnya dengan mengonsumsi kurma dan air putih.

Baca Lainnya : Trik Tetap Sehat Walau Minum Kopi Saat Ramadan

“Tiga buah kurma sebenarnya cukup untuk memperbaiki kehilangan elektrolis hingga memperbaiki gula dalam darah dengan cepat,” katanya.

Untuk itu, dirinya menyarankan untuk memberi jeda antara berbuka dengan takjil dan menu berat agar lambungmu bisa beradaptasi terlebih dahulu. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: