Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Bisa Memperpanjang Umur

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
16 Mei 2019   22:30

Komentar
Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Bisa Memperpanjang Umur

Ilustrasi kopi. (Pixabay/ Pexels)

Trubus.id -- Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, minum kopi sebanyak dua gelas dalam satu hari bisa meningkatkan harapan hidup hingga dua tahun.

Sebelum diterbitkan di The European Journal of Epidemiology, para peneliti menganalisis 40 studi terdahulu yang mengeksplorasi hubungan antara kopi dan kematian. Total, ada 3.852.651 peserta dan 450.256 penyebab kematian berdasarkan 40 penelitian terdahulu.

Baca Lainnya : Ini dia Waktu yang Tepat Untuk Minum Kopi

"Karena penuaan, obesitas dan gaya hidup memengaruhi risiko kematian, hubungan antara kopi dan kematian perlu diteliti di berbagai subpopulasi berdasarkan karakteristik subjek," kata peneliti, dikutip dari AFP.

Minum kopi sebanyak dua hingga empat gelas per hari dikaitkan dengan penurunan mortalitas dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali. Penelitian juga menemukan bahwa hubungan antara kopi dan kematian, lebih banyak terjadi di Eropa dan Asia daripada di Amerika Serikat.

Baca Lainnya : Makan Buah Ini Jika Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Sebenarnya, sudah sejak lama para ilmuwan mempelajari efek positif dan juga dampak negatif kafein pada tubuh. Sebelumnya, penelitian di tahun 2017 yang terbit di British Medical Journal menemukan bahwa minum kopi sebanyak tiga hingga empat cangkir dalam sehari, dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dan mengembangkan penyakit jantung yang sangat kecil.

Selain itu, minum kopi juga dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa kanker, diabetes, penyakit hati dan demensia. [DF]

 


 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 17 Mei 2019 - 13:00

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: