Ini yang Harus Kalian Ketahui Sebelum Makan Durian Selama Kehamilan

TrubusLife
Diah Fauziah
16 Mei 2019   20:00 WIB

Komentar
Ini yang Harus Kalian Ketahui Sebelum Makan Durian Selama Kehamilan

Ilustrasi. (Styles At Life)

Trubus.id -- Sebenarnya, tidak ada larangan bagi perempuan hamil untuk makan durian. Bagaimana pun, makan durian selama kehamilan tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum makan durian selama kehamilan.

Bukan superfood untuk kehamilan

Mungkin, kalian pernah membaca artikel yang mengatakan kalau durian merupakan superfood yang sangat bergizi.

"Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa durian merupakan superfood untuk kehamilan," kata dr. Goh Shen Li, konsultan kebidanan dan kandungan di SL Goh Women's Clinic at Mount Alvernia Medical Centre D, Singapura.

Baca Lainnya : Durian Tak Mengandung Kolesterol, Cek 5 Fakta Lainnya 

Mengandung gula dan karbohidrat tinggi

Jika memang suka, silahkan makan durian selama kehamilan. Tapi, jangan lupa berolahraga karena durian mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi.

"Lima biji durian berukuran sedang mengandung sekitar 160 kalori. Lebih banyak dari 330 ml soda yang hanya mengandung 140 kalori," kata Goh.

Bisa menambah berat badan janin

Durian merupakan buah berkalori tinggi. Karena itu, makan durian selama kehamilan bisa membantu naiknya berat badan janin apabila ibu tidak mengalami kenaikan berat badan yang ideal. Namun, periksa dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Baca Lainnya : Ini Alasannya Kenapa Durian Punya Aroma Menyengat, Penasaran?

Jangan makan untuk dua orang

Makan untuk dua orang selama kehamilan merupakan ide yang sudah ketinggalan zaman. Kenaikan berat badan yang disarankan selama kehamilan ialah 12 kilogram sampai 16 kilogram.

"Biasanya, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan di semester kedua kehamilan. Dalam 20 minggu pertama, kenaikan berat badannya hanya berkisar dua sampai tiga kilogram saja," ucap dr. Tan Wei Ching, konsultan di Singapore General Hospital's (SGH) Department of Obstetrics and Gynaecology.

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: