Peneliti Asal Milan Temukan Cara Agar Nyamuk Malas Gigit Manusia

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
16 Mei 2019   15:00

Komentar
Peneliti Asal Milan Temukan Cara Agar Nyamuk Malas Gigit Manusia

Nyamuk mengigit manusia ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Gigitan nyamuk seringkali menggangu aktivitas kamu bukan. Rasanya yang gatal pasti akan membuat kamu tidak nyaman terutama ketika sedang bekerja. Tak hanya itu saja, gigitan nyamuk juga berpotensi menyebarkan beragam penyakit seperti demam berdarah dengue, malaria, hingga chikungunya.

Tapi baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Milan Paolo Gabrieli, Milan menemukan cara agar nyamuk malas menggigit manusia. Studi tersebut mengungkapkan bahwa gula disebut mampu membuat nyamuk malas menggigit dan menghisap darah manusia.

Protein yang terkandung di dalam gula membuat nyamuk tidak lagi tertarik mengigit dan menghisap darah manusia. Jika nyamuk tidak lagi menggigit manusia karena gula, manusia bisa terhindar dari beragam penyakit yang ditularkan akibat gigitan nyamuk.

Baca Lainnya : Waspada, Nyamuk Aedes Aegypti Gigit Anak-anak Setiap Hari Senin

“Jika kita bisa membuat nyamuk enggan mengigit manusia, kemungkinan besar kamu tidak akan terinfeksi oleh virus yang dibawa nyamuk,” kata peneliti dari University of Milan Paolo Gabrieli, mengutip Inside Science. Studi terbaru ini telah dipublikasikan di PLOS Biology ini mengamati perilaku nyamuk harimau Asia atau Aedes albopictus yang berasal dari Asia Tenggara yang bahkan sudah menyebar ke negara tropis di seluruh dunia.

Peneliti yang enggan menyebutkan namanya itu mengatakan, nyamuk Aedes albopictus sangat tertarik dengan darah manusia khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan dan dapat menyebarkan penyakit demam berdarah, Chikungunya, demam kuning, hingga virus zika. Selain memakan darah manusia untuk mengembangkan telur, nyamuk ini juga memakan gula dari nektar atau getah tanaman.

Baca Lainnya : Perilaku Kita Ini Jadi Penyebab Populasi Nyamuk DBD Meningkat

Peneliti lalu melihat pengaruh gula tambahan terhadap perilaku nyamuk menggigit darah manusia. Hasilnya pun sungguh menakjubkan. Di mana sang peneliti menemukan nyamuk betina muda tidak tertarik pada darah manusia setelah mereka mengonsumsi gula. Efek ini berlangsung cukup lama yakni sekitar 5-6 hari.

Hasil penelitian tersebut akhirnya dinilai dapat menjadi pintu untuk menekan perilaku nyamuk menggigit manusia dengan cara tidak mematikannya. Ini dapat berefek pada penurunan tingkat penularan penyakit sehingga membuat jumlah kematian akibat gigitan nyamuk berkurang. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 16 Mei 2019 - 16:22

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Keren, Ada Kandang Anjing Ramah Lingkungan

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          

Mau Mudik dengan Hewan Peliharaan, Ini Tipsnya

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan: