4 Tips Cara Aman Menyimpan Sisa Makanan Saat Sahur

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
16 Mei 2019   15:30

Komentar
4 Tips Cara Aman Menyimpan Sisa Makanan Saat Sahur

Menyimpan makanan sisa sahur di dalam kulkas (Istimewa)

Trubus.id --  Trubus Mania sebaiknya jangan membuang makanan sisa saat sahur. Jika masih ada makan sisa saat sahur, sebenarnya kamu masih dapat menyimpannya agar masih bisa dikonsumsi.  

Agar makanan tetap awet dan layak dikonsumsi kembali ketika berbuka, cara menyimpannya juga nggak boleh sembarangan. Hal ini karena makanan yang proses menyimpanannya salah, justru bisa menjadi racun buat kamu. Bahaya bukan?

Nah, makanya kamu harus tau nih aturan menyimpan makanan sisa agar tetap bisa dimakan tapi tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menghangatkan makanan cukup satu kali

Makanan sisa sebaiknya jangan kamu hangatkan berkali-kali ya guys. Jika kamu ingin memakannya, ambilah sesuai porsi yang akan kamu makan lalu panaskan dengan menggunakan suhu sekitar 70 derajat Celsius.

2. Ketahanan tiap makanan berbeda saat di simpan

Kamu pasti tahu bukan, bahwa tak semua makanan itu bisa bertahan lama ketika disimpan. Mengutip dari Taste of Home, pakar makanan Peggy Woodward memberikan gambaran maksimal waktu penyimpanan masing-masing makanan di dalam kulkas. Peggy menjelaskan untuk makanan seperti daging segar dan ikan segar sebaiknya tidak melebihi 2 hari penyimpanan di dalam kulkas.

Sementara untuk daging yang sudah dimasak bisa bertahan di dalam kulkas hingga 3 sampai 4 hari. sementara untuk daging steak yang sudah di panggang bisa bertahan di kulkas hingga 5 hari.

Selanjutnya untuk penyimpanan telur segar bisa sampai 3-5 minggu, telur rebus bisa bertahan di kulkas hingga 1 minggu, sementara yoghurt bisa bertahan di dalam kulkas sampai 1 atau 2 minggu.

3.Gunakan wadah kedap udara untuk makanan yang di simpan dalam kulkas

Untuk menghindari kontaminasi dengan udara luar, sebaiknya kamu menggunakan wadah kedap udara untuk membungkus makanan yang akan kamu simpan di dalam kulkas. Membungkus makanan dengan wadah kedap udara juga bertujuan untuk membuat makanan tidak mengering. Usahakan wadah atau bungkus tertutup dengan rapat. Dengan begini akan meminimalisir makanan terpapar bakteri dan kuman.

Selain itu juga bisa mencegah bau makanan mempengaruhi bahan makanan lain yang disimpan di dalam kulkas.

4. Carilah wadah penyimpanan yang sesuai

Pilih jenis wadah kedap udara yang sesuai. Kamu bisa menggunakan kotak makan ataupun toples yang terbuat dari kaca. Usahakan kamu jangan membungkus makanan dengan plastik ya guys.

Gimana cukup mudah dan praktis kan, jadi kamu tidak harus membuang makanan sisa yang ada di rumah. Selamat mencoba. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 16 Mei 2019 - 09:22

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: